PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2021/2022

LATIFFATUL 'AINIAH, 12204173033 (2021) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun 2021/2022” ini ditulis oleh Latiffatul ‘Ainiah, NIM. 12204173033, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Media Quizizz, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, monotonnya metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya penggunaan media pembelajaran, rendahnya semangat siswa dalam bertanya dan mengerjakan soal matematika. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Adanya berbagai permasalahan yang dialami siswa, menyebabkan pembelajaran menjadi kurang kondusif dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan media Quizizz dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran ini bukan hanya berkonsep pada soal-soal saja, melainkan banyak materi yang dikemas dalam bentuk game. Hal ini dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik sehingga akan berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh media Quizizz terhadap motivasi belajar siswa materi Koordinat Kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun 2021/2022. (2) Untuk mengetahui pengaruh media Quizizz terhadap hasil belajar siswa materi Koordinat Kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun 2021/2022. (3) Untuk mengetahui pengaruh media Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi Koordinat Kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan media Quizizz dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran konvensional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh media Quizizz terhadap motivasi belajar siswa materi koordinat kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed)= 0,045 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig.(2-tailed) 0,045<0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. (2) ada pengaruh media Quizizz terhadap hasil belajar siswa materi koordinat kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed)= 0,000 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig.(2-tailed) 0,000<0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. (3) ada pengaruh media Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi koordinat kartesius kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji manova ditunjukkan pada kolom Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root yaitu pada kolom intercept (sig. 0,000) sehingga Sig.<0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Non Muslim
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173033 LATIFFATUL 'AINIAH
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:30
Last Modified: 31 Dec 2021 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23815

Actions (login required)

View Item View Item