PENERAPAN METODE MUDARASAH DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANU ‘USYAQIL QUR’AN KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG

FARIDA AULIA RAHMA, 12201173015 (2021) PENERAPAN METODE MUDARASAH DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANU ‘USYAQIL QUR’AN KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Mudarasah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung”, ditulis oleh Farida Aulia Rahma, NIM. 12201173015 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Metode mudarasah, Menjaga hafalan Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para penghafal Al-Qur’an yang hanya menghafal saja yang penting selesai, namun kurang menyadari bahwa menjaga hafalan Al-Qur’an itu sendiri yang lebih penting, begitu juga dengan kurangnya memperhatikan kesalahan-kesalahan dalam bacaan yang di lafalkan, baik pada makhroj, tajwid, maupun ayat-ayat mutasyabihat, maupun kesalahan-kesalahan lainnya. Hal ini dengan mengambil penelitian di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an dengan alasan menariknya pada penerapan metode mudarasah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an Santri. Fokus penelitian: 1) Bagaimana tahap persiapan dalam penerapan metode mudarasah di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, 2) Bagaimana proses penerapan metode mudarasah di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, 3) Bagaimana hasil penerapan metode mudarasah di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan subjek penelitiannya adalah Pengasuh, Pengurus dan Santri Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa (1) Tahap persiapan penerapan metode mudarasah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an yaitu: santri mempersiapan hafalannya, mempersiapkan Al-Qur’annya masing-masing, mempersiapkan pasangan, selain itu mempersiapkan sarana prasana termasuk mikrofon, meja, dan absen kehadiran. (2) Proses penerapan metode mudarasah di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung yaitu dilakukan seminggu 2 kali pada hari kamis dan sabtu pukul 09.00 sampai 12.30. Proses metode mudarasah dilaksanakan di masjid dengan menghadap kiblat, berpakain rapi, tidak diperbolehkan membawa handphone atau sejenisnya. Sedangkan tata caranya santri mempunyai panthner masing-masing untuk saling menyimakkan hafalannya dan dilantunkan di mikrofon secara bergantian. Dalam satu majlis untuk yang belum khatam melafalkan ¼ juz dan yang sudah khatam 2 juz. Alurnya yaitu yang pertama bel dibunyikan, kemudian santri berkumpul berdo’a bersama dilanjutkan tawasul kepada para guru dan melangsungkan mudarasah sampai selesai. (3) Hasil penerapan metode mudarasah di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Kaliwungu Ngunut Tulungagung yaitu dengan penerapan metode mudarasah santri bisa termotivasi banyak nderesnya, ingatannya bisa lebih tajam dengan metode mudarasah, dibandingkan dengan nderes sendiri, lebih bagus kualitas hafalannya karena kesalahan-kesalahan dalam menghafal Al-Qur’an selalu dikoreksi, menguasai hafalan yang sudah didapat, dan nderesnya lebih terstuktur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173015 FARIDA AULIA RAHMA
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:17
Last Modified: 31 Dec 2021 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23818

Actions (login required)

View Item View Item