KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. HUSEIN MUHAMMAD

ADYAJENG ANZHILAL PUTRI ALIMTA, 12201173443 (2021) KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. HUSEIN MUHAMMAD. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam Menurut K.H. Husein Muhammad” ini ditulis oleh Adyajeng Anzhilal Putri Alimta, NIM. 12201173443, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata Kunci : Kesetaraan Gender, Pendidikan Islam, K.H. Husein Muhammad. Gender bukan lagi menjadi persoalan yang asing untuk diperbincangkan, tetapi merupakan persoalan klasik yang telah dikaji sejak dahulu. Meski demikian, kajian tentang gender selalu menarik, karena setiap saat permasalahaan gender senantiasa berkembang dan selalu ada dinamisasi seiring dengan perubahan zaman. K.H. Husein Muhammad adalah salah satu tokoh feminis sekaligus ulama’ yang membela keadilan gender. Oleh karena itu, penulis tertarik membahas tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam menurut K.H. Husein Muhammad yang tertuang dalam karya tulis beliau, salah satunya yaitu buku yang berjudul Islam agama ramah perempuan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konstruk pemikiran fiqh perempuan dalam pendidikan Islam K.H. Husein Muhammad tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam ? (2) Bagaimana urgensi pelibatan ulama dalam membangun kesadaran gender dalam pendidikan Islam yang ditawarkan K.H. Husein Muhammad dalam buku Islam agama ramah perempuan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruk pemikiraan fiqh perempuan dalam pendidikan Islam menurut K.H. Husein Muhamamd tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam serta mendeskripsikan dan menganalisis urgensi pelibatan ulama dalam membangun kesadaran gender dalam pendidikan Islam yang ditawarkan K.H. Husein Muhammad dalam buku Islam agama ramah perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sumber data primernya adalah buku karya K.H. Husein Muhammad yang berjudul Islam agama ramah perempuan sedangkan sumber data sekundernya adalah jurnal, artikel, serta buku-buku yang berkaitan dengan kesetaraan gender dalam pendidikan Islam. Analisis data menggunakan content analysis yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam yang berkaitan dengan isi suatu informasi tertulis atau tercetak pada media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) konstruk pemikiran fiqh perempuan dalam pendidikan Isam K.H. Husein Muhammad tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam yakni mengenai fiqh perempuan yang membahas masalah-masalah perempuan yang sudah waktunya diadakan reaktualisasi dan rekonstruksi terhadap konsep-konsep Islam yang lebih memberi peluang perempuan untuk hadir sebagai sosok yang dinamis, sopan, dan bermanfaat bagi agama dan masyarakat. Perempuan bukanlah sebagai makhluk yang terkurung di dalam dinding rumah dan setiap hari berjalan dari kamar, sumur dan dapur. Dalam hal ini pendidikan merupakan salah satu alternatif untuk menangkal prilaku bias gender dalam berbagai kalangan. Pendidikan merupakan hal yang utama bagi seluruh masyarakat baik laki-laki maupun perempuan. Jadi wajib bagi perempuan dan laki-laki untuk memproleh pendidikan yang setara tidak boleh ada batasan dan tidak boleh membatasi untuk belajar setinggi-tingginya. (2) Dalam membangun kesadaran gender dapat dilakukan dengan cara mensosialisasikan gagasan kesetaraan gender oleh para aktivis dan ulama. Dengan demukian,peran ulama Indonesia sekarang ini sudah terlibat aktif dalam mengkampanyekan keadilan gender melalui forum-forum diskusi seperti mengisi seminar, workshop dan membuat buku yang dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat sehingga dengan begitu masyarakat akan lebih mudah dalam memahami keadilan gender.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173443 ADYAJENG ANZHILAL PUTRI ALIMTA
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:10
Last Modified: 05 Jan 2022 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item