FARADITA DWI INDAH SARI, 12204173011 (2021) STUDI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBATIK DI SANGGAR ALAM BATIK PASURUAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Studi Etnomatematika pada Aktivitas Membatik di Sanggar Alam Batik Pasuruan” ini ditulis oleh Faradita Dwi Indah Sari, NIM. 12204173011, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Etnomatematika, Matematika, Budaya, Batik Pembelajaran matematika di sekolah yang terlalu formal dan teoritis, serta kurang bervariasi mempengaruhi minat peserta didik dalam mempelajari matematika. Untuk itu diperlukan keterhubungan antara matematika di luar sekolah dengan matematika di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan sebuah pendekatan dengan memanfaatkan keberagaman budaya salah satunya adalah batik dan mengaitkannya dengan pembelajaran matematika di kelas yang bisa disebut juga dengan pendekatan etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas matematika pada aktivitas membatik di Sanggar Alam Batik Pasuruan (2) untuk mendeskripsikan konsep matematika pada motif batik Sanggar Alam Batik Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik Sanggar Alam Batik Pasuruan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam aktivitas membatik terdapat aktivitas matematika berupa menghitung dalam menentukan jumlah alat dan bahan membatik, menentukan banyaknya lilin batik yang digunakan dalam menyelesaikan satu potong kain batik dimulai dari penggambaran motif hingga pengeblokan, menentukan waktu fermentasi bahan indigo, menentukan banyaknya air yang dibutuhkan dalam proses pelorodan lilin, serta menentukan banyak kain batik yang terselesaikan dalam satu hari; aktivitas mengukur dalam menentukan ukuran kain batik yang akan digunakan, menentukan perbandingan antara bahan pewarna dengan air, dan menentukan perbandingan bahan pengikat dengan air; serta aktivitas merancang dan membangun dalam menggambar garis tepi pada kain batik. (2) terdapat konsep geometri berupa titik, garis, geometri dua dimensi dan geometri fraktal serta konsep transformasi geometri berupa translasi dan refleksi pada motif batik di Sanggar Alam Batik Pasuruan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Non Muslim Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Faradita Dwi Indah Sari |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 06:30 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23865 |
Actions (login required)
View Item |