STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PADA UD. BUMBU MULYA DISIKO DS. KRANGGAN KEC. JATISAMPURNA KOTA BEKASI

DEDE IHWAN, 12405183316 (2021) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PADA UD. BUMBU MULYA DISIKO DS. KRANGGAN KEC. JATISAMPURNA KOTA BEKASI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada UD. Bumbu Mulya Disiko Ds. Kranggan Kec. Jatisampurna Kota Bekasi” yang ditulis oleh Dede Ihwan, NIM. 12405183316, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Pembimbing Moh. Rois Abin, M. Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya penjualan karena dampak dari daya beli masyarakat yang rendah akibat pandemi Covid-19 menjadikan persaingan antar pedagang semakin ketat, hal ini yang mendasari diterapkannya strategi Customer Relationship Management di UD Bumbu Mulya Disiko guna memuaskan konsumen serta mempertahankan para pelanggannya. Beberapa tindakan untuk memuaskan pelanggan adalah memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya serta memahami metode pelayanan dari setiap pelanggan yang berbeda-beda. Tujuan pada Penelitian ini 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi Customer Relationship Management dalam mempertahankan pelanggan pada UD bumbu Mulya Disiko Desa Kranggan kecamatan Jatisampurna kota Bekasi 2) Untuk mengetahui dan dan mendeskripsikan efektivitas Customer Relationship Management dalam meningkatkan penjualan di UD bumbu Mulya Disiko Desa Kranggan Kecamatan Jatisampurna kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data bersumber dari pemilik UD. Bumbu Mulya Disiko, karyawan serta pelanggan UD. Bumbu Mulya Disiko. Dalam menganalisis data penulis menggunakan 3 metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini : 1) Strategi Customer Relationship Management yang dilakukan oleh UD bumbu Mulya Disiko adalah : Customer Relationship Management Public Relation 4 Step yaitu a) Fact Finding dengan mencari data dan mencari informasi seputar kendala dan pelanggan b) Planning dengan menetapkan tujuan dari rencana yang diinginkan c) Action dan Communicating yaitu mengimplementasikan semua yang sudah direncanakan yakni strategi Customer Relationship Management yang dilakukan oleh Bumbu Mulya untuk mempertahankan pelanggannya adalah menjaga kualitas, Promosi melalui WhatsApp, mempermudah pembayaran, Pemesanan melalui pesan antar ,Pelayanan ramah, cepat ,sigap dan jujur serta tambahan bonus untuk pelanggan dan, d) evaluasi . 2) Strategi Customer Relationship Management yang dilakukan oleh UD Bumbu Mulya Disiko cukup efektif digunakan karena UD Bumbu Mulya mendapatkan peningkatan penghasilan yang lebih banyak dibandingkan bulan sebelumnya. Kata kunci : Customer Relationship Management , Pelanggan, Bumbu Giling

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183316 Dede Ihwan
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:40
Last Modified: 04 Jan 2022 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item