ATIQ AINUN SYIFA, 12201173098 (2021) PEMBIASAAN SIKAP TAWADHU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Sikap Tawadhu dalam Pembentukan Karakter Religius di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Atiq Ainun Syifa, NIM 12201173098, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungaung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu‟awanah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembiasaan, Sikap Tawadhu, Karakter Religius Sebagaimana fungsi dan kewajiban pendidikan dalam membiasakan serta membentuk siswa atau peserta didik yang berkarakter. Di suatu lembaga sekolah yang bertugas atas hal tersebut adalah seorang guru dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah harus saling membantu. Dengan adanya penanaman pembiasaan-pembiasaan tersebut akan menjadi pondasi bagi siswa dalam berperilaku dengan sesama, khususnya penanaman sikap tawadhu kepada sesama yaitu pada teman dan guru. Untuk mencapai fungsi atau tujuan dari pendidikan itu, dalam pelaksanaannya tidak semudah seperti kita membalikkan telapak tangan. Bila dilihat dalam kenyataan bahwa masih banyak siswa yang karakter dalam diri individu masih kurang baik, baik itu terhadap diri sendiri, orang lain dan sebagainya. Dalam hal ini guru PAI berperan penting untuk menanamkan sikap tawadhu kepada siswa melalui pembiasaan-pembiasaan yang sudah direncanakan untuk membentuk karakter Religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembiasaan sikap tawadhu dalam pembentukan karakter Religius di MTsN 4 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan sikap tawadhu dalam pembentukan karakter Religius di MTsN 4 Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembiasaan sikap tawadhu dalam pembentukan karakter Religius di MTsN 4 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru PAI dalam membiasakan sikap tawadhu di MTsN 4 Blitar (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru PAI dalam membiasakan sikap tawadhu di MTsN 4 Blitar (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru PAI dalam membiasakan sikap tawadhu pada siswa di MTsN 4 Blitar. Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber juga triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan guru pendidikan agama islam dalam membiasakan sikap tawadhu pada siswa. Proses penanaman tersebut berupa penanaman materi didalam kelas dan keteladanan diluar kelas. Adapun hasil dari proses penanaman materi di dalam kelas berupa pendidikan karakter dengan menyisipkan materi Religius dalam KBM, menyediakan buku paket sebagai pendamping dan lks sebagai penunjang, selain itu di tiap-tiap kelas terdapat pojok baca. Sedangkan keteladanan diluar kelas yaitu membiasakan 3S ketika bertemu dengan teman atau guru, berkata jujur, rendah hati, tidak sombong dan tanggung jawab. (2) pelaksanaan pembiasaan sikap tawadhu dalam membentuk karakter Religius diantaranya: membiasakan sholat dhuhur berjamaah, pembisaaan infaq setiap hari jumat pagi, pembiasaan menuntun sepeda ketika memasuki area madrasah, pembiasaan tadarus Al-Quran, pembiasaan yasinan setiap jumat pagi, dan pembiasaan dalam berpakaian. (3) evaluasi pembiasaan sikap tawadhu dalam pembentukan karakter Religius diantaranya: melakukan pembinaan dan pendekatan, memberikan nasehat pada siswa yang melanggar, memberikan hukuman yang sesuai, tanpa merusak nama baiknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173098 ATIQ AINUN SYIFA |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 06:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23898 |
Actions (login required)
View Item |