RUMIATIN, SITI (2011) MENELUSURI KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI SOAL MATEMATIKA TERBUKA KELAS X UNGGULAN MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2010-2011. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (99kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (32kB) |
|
Text
COVER.docx Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMABAR, LAMPIRAN.doc Download (55kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (3MB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, MOTTO, PERSEMBAHAN.docx Download (25kB) |
Abstract
Siti Rumiatin, 321 407 3071, 2011. Menelusuri kreativitas siswa dalam pemecahan masalah melalui soal matematika terbuka kelas X unggulan MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2010-2011. Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika (TMT), STAIN Tulungagung, Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M. Kes. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Kreativitas, Pemecahan Masalah, Matematika Terbuka. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengembangkan kompetensi berpikir kritis, kreatif dan produktif yang merupakan kompetensi tingkat tinggi (high order competesies) pada siswa, karena tingkat kompleksitas permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern semakin tinggi. Tetapi kenyataannya pembelajaran matematika di Indonesia bahkan di banyak negara masih didominasi oleh aktivitas latihan-latihan untuk pencapaian mathematical basics skills semata. Hal ini berakibat pada rendahnya prestasi dan minat belajar matematika. Untuk mengetahui kompetensi matematis tingkat tinggi terutama kreativitas siswa salah satunya dengan pemberian tes pemecahan masalah melalui soal matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X unggulan MAN Tulungagung 1. Permasalahan (1) Bagaimana kreativitas siswa dalam pemecahan masalah melalui soal matematika terbuka kelas X unggulan MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2010-2011? (2) Bagaimanakah tingkat berfikir kreatif siswa di kelas X unggulan MAN Tulunggung 1 tahun ajaran 2010-2011 dalam pemecahan masalah melalui soal matematika terbuka?. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X unggulan MAN Tulungagung 1. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi, (5) Catatan Lapangan. Proses analisis data meliputi analisis komponen kreativitas yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, dan analisis tingkat berpikir kreatif dalam pemecahan masalah. Tujuan Penelitian (1) Untuk mendiskripsikan kreativitas siswa dalam pemecahan masalah melalui soal matematika terbuka kelas X unggulan MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2010-2011. (2) Untuk mendiskripsikan tingkat berfikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika terbuka kelas X unggulan MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2010-2011. Berdasarkan hasil analisia data tes pemecahan masalah bahwa siswa kelas X unggulan cenderung pada kelompok “sangat kreatif” yaitu sebesar 52%, artinya 52% siswa mampu memenuhi seluruh kriteria produk kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam pemecahan masalah sangat bagus. Pertama, hal ini ditunjukkan pada pencapaian prosentase komponen kreativitas lebih dari 50% menempati tingkatan memuaskan dan sangat memuaskan pada setiap permasalahan. Kedua, ditunjukkan pada hasil kumulatif tingkat berfikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah yang memenuhi tingkat berpikir kreatif yang sangat memuaskan sebanyak 52%, memuaskan sebanyak 44%, cukup memuaskan sebanyak 4%, dan tidak memuaskan sebanyak 0%. Tingkat berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah dikatakan baik, karena lebih dari 50% siswa masuk pada tingkatan sangat memuaskan dan memuaskan yaitu sebesar 96%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 03:31 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2390 |
Actions (login required)
View Item |