DEAREZA FRIDANIA MUTYANA DEWI, 17204153044 (2021) KEMAMPUAN ABSTRAKSI SISWA DALAM MATA PELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL MUSLIMIN NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kemampuan Abstraksi Siswa dalam Mata Pelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Muslimin Prambon Nganjuk” ditulis oleh Deareza Fridania Mutyanadewi NIM. 17204153044 Jurusan Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Abstraksi, Hasil Belajar dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Salah satu yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa adalah penguasaaan materi prasyarat atau kemampuan awal matematika siswa yang rendah. Dengan alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi (kemampuan angka, kemampuan kata-kata, dan kemampuan gambar) matematika siswa dalam mata pelajaran SPLDV pada siswa kelas VIII MTs Roudlotul Muslimin Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian bejumlah 3 siswa yang dipilih berdasarkan kategori prestasi belajar, yaitu prestasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi guru kelas. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan angka, verbal, dan gambar siswa dengan kategori belajar tinggi lebih baik dari siswa dengan kategori belajar sedang maupun rendah. Siswa dengan prestasi belajar tinggi mampu mengerjakan, menjelaskan, dan menggambarkan soal dengan baik. Siswa dengan kategori belajar sedang mampu mengerjakan soal (namun jawaban belum tepat), menjelaskan, dan belum mampu menggambarkan soal yang diberikan. Dan siswa dengan kategori belajar rendah masih berada pada tahapan mengubah soal ke dalam simbol matematika dan persamaan matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153044 DEAREZA FRIDANIA MUTYANA DEWI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23926 |
Actions (login required)
View Item |