STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MUATAN HEURISTIC DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Multi Situs di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung)

SITI MUSLIHAH, 12505194027 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MUATAN HEURISTIC DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Multi Situs di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Muatan Heuristic Dalam Membentuk Kompetensi Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Multisitus di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Muslihah dengan dibimbing: Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Tematik, Heuristic, Kompetensi Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lingkungan MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung, tentang strategi apa saja yang digunakan guru dalam menunjang proses pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menemukan bermacam-macam strategi yang digunakan oleh guru MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung yang dapat mempengaruhi tingkat kompetensi siswa. Kadang guru juga menggunakan strategi berbeda pada mata pelajaran tertentu. Startegi perlu dilakukan guru dalam pembelajaran guna meningkatkan kompetensi serta minat belajar siswa juga dapat mempengaruhi peningkatan belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di masa pandemi covid-19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung? 2) Bagaimana metode pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid-19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung? 3) Bagaimana teknik pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid-19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid-19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung? Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3). dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dengan reduksi data (data reduction), sajian data (data display), serta verifikasi dan simpulan data (conclusion drawing and verification). Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Pendekatan pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di masa pandemi covid 19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung, dilakukan dengan: a) dimulai dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok mendapat nomor. b) Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya. c) kelompok berdiskusi jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui setiap jawaban. d) guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka. e) Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain dan kesimpulan. 2) Metode pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid 19 dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi. Selain itu dengan penerapan pembelajaran PAKEM pembelajaran dapat berhasil dengan maksimal. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan sehingga dari kesatuan tersebut didapat pengertian bahwa pembelajaran yang harus menyenangkan bagi siswa melalui penyajian guru yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 3) Teknik pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid 19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung, Teknik pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid 19, yang dilakukan dengan cara guru menggunakan media power point. Selain itu penerapan media audio visual video dalam meningkatkan kompetensi siswa dilakukan dengan jalan guru dalam mengajar pastinya mempersiapkan media yang akan digunakan yaitu media audio visual khususnya video. 4) Evaluasi pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi di masa pandemi covid 19 di MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang dan SD Negeri 1 Gondang Tulungagung, pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa di sini dilaksanakan pada awal kegiatan, tengah kegiatan pembelajaran akhir kegiatan pembelajaran. Evaluasi ini termasuk jenis evaluasi formatif. Penilaian disini tidak hanya berbentuk formatif akan tetapi juga sub sumatif dan sumatif, yang pelaksanaannya membutuhkan waktu khusus untuk melaksanakan evaluasi sehingga evaluasi benar-benar telah disiapkan secara matang, begitu pula pelaksanannya. Karena untuk melihat hasil selama proses pembelajaran tidak mungkin evaluasi langsung dilaksanakan sepenuhnya. Untuk itu penilaian yang berbentuk sub sumatif (mid semester) dilaksanakan tidak lain bertujuan untuk melihat hasil dari kegiatan yang telah berlangsung selama beberapa kali pertemuan. Begitu pula untuk evaluasi semester yang bertujuan untuk melihat tingkat penguasaan materi peserta didik dari awal pertemuan hingga akhir yang dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505124027 SITI MUSLIHAH
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:54
Last Modified: 18 Mar 2022 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23945

Actions (login required)

View Item View Item