ISATUL HASANAH, 12505194024 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS BOOK CREATOR DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (960kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (318kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Berbasis Book Creator Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Isatul Hasanah NIM. 12505194024 dengan pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Book Creator Digital, Kemampuan Motorik, Covid-19. Tantangan di era revolusi industri 4.0 menuntut manusia untuk terus berpikir maju dalam menghadapi perkembangan zaman. Tuntutan sumber daya manusia tentu memiliki kemampuan dalam merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada era saat ini tuntutan dalam menguasai teknologi terbuka secara jelas. Teknologi menjadi salah satu kebutuhan utama bagi kalangan umum baik pada tingkat sekolah dasar maupun perguruan tinggi. Adanya transformasi pembelajaran luring pada sistem daring membuka wawasan baru bagi guru dalam menyuguhkan pembelajaran yang berbasis modern yang mampu memadupadankan pembelajaran dengan teknologi. Pengembangan bahan ajar pendidikan jasmani berbasis book creator digital ini didasarkan pada temuan masalah yang ada di lapangan terutama pada masa pandemi covid-19 saat ini. Bahan ajar book creator digital ini merupakan bahan ajar dalam bentuk digital yang isinya tidak mengurangi dari isi bahan ajar berbentuk cetak. Bahan ajar book creator digital ini sangat praktis digunakan baik dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menjelaskan desain model bahan ajar berbasis book creator digital yang dihasilkan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung; (2) Menjelaskan kelayakan bahan ajar berbasis book creator digital dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa selama pandemi covid-19 di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung; (3) Menjelaskan efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis book creator digital dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa selama pandemi covid-19 di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development hasil adaptasi dari model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah yang didasarkan dari hasil adapatasi Sugiyono. Adapun tujuh tahap yaitu potensi masalah; mengumpulkan data dan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji coba lapangan dan revisi produk. Pengembangan bahan ajar book creator digital ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan suatu produk dan memaparkan efektivitas bahan ajar book creator digital. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh (1) Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar book creator digital dilengkapi dengan adanya fitur-fitur seperti gambar, video serta animasi yang terdapat di dalam kuis. Produk yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar kelas V sekolah dasar. (2) Kelayakan produk hasil uji validasi media memperoleh skor rata-rata 82%; hasil uji validasi materi memperoleh skor rata-rata 80%; hasil uji coba lapangan terhadap guru pengampu olahraga memperoleh skor rata-rata 83%; hasil uji lapangan terhadap siswa memperoleh skor rata-rata 90%. Hasil analisis xvii xviii data uji coba tersebut kemudian disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui tampilan video yang disajikan pada bahan ajar book creator digital. (3) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan uji t (Independent Sample T-test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) < sig level (0,000 < 0,005). Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan bahan ajar book creator digital. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar book creator digital layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505194024 ISATUL HASANAH |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:49 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 05:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23947 |
Actions (login required)
View Item |