PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DESA KARANGTALUN DALAM MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT (Study Pada Pasar Tradisional Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

ZIANA SILVIANI, 12402173546 (2021) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DESA KARANGTALUN DALAM MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT (Study Pada Pasar Tradisional Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Desa Karangtalun Dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat” (Study Pada Pasar Tradisional Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ini ditulis oleh Ziana Silviani, NIM. 12402175346, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Perilaku yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam seringkali dilakukan oleh para pelaku bisnis khususnya pedagang pasar. Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis ataupun pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Pasar Tradisional Karangtalun sebagai objek karena peneliti dapat melihat secara langsung para pedagang di Pasar Tradisional Karangtalun berinteraksi secara langsung dengan pembeli. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana pemahaman etika bisnis Islam pada perilaku pedagang Pasar Tradisional Karangtalun?, (2) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang Pasar Tradisional Karangtalun?, (3) Bagaimana dampak penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang Pasar Tradisional Karangtalun dalam meningkatkan daya beli masyarakat?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman etika bisnis Islam para pedagang Pasar Tradisional Karangtalun disimpulkan para pedagang sudah memahami etika bisnis Islam secara mendasar bahwa dalam aktivitas bisnisnya dengan selalu berusaha bersikap ramah dan mengutamakan kejujuran. 2) Penerapan etika bisnis Islam para pedagang Pasar Tradisional Karangtalun sudah menerapkannya dalam kegiatan bisnisnya. (3) Dampak penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang yaitu mampu memajukan usaha dagang yang dijalankannya. Pelayanan yang baik juga memberi kepuasan tersendiri bagi pembeli dan menjadi pelanggan tetap. Hal ini berpengaruh terhadap pendapatan pedagang. Kata Kunci: Etika, Pedagang, Perilaku

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173546 Ziana Silviani
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:22
Last Modified: 10 Jan 2022 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23957

Actions (login required)

View Item View Item