MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 2 KOTA BLITAR

MOCH ALFAN AMRULLOH FIKRI, 12207173019 (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar”, ini ditulis oleh Moch Alfan Amrulloh Fikri, NIM 12207173019, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institu Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Penelitian ini membahas tentang Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar. Manajemen sarana dan prasarana sangat penting bagi setiap Lembaga Pendidikan, baik Lembaga Pendidikan yang sudah maju maupun Lembaga Pendidikan yang masih dalam proses pengembangan. Sarana dan prasarana harus dikelola dengan baik agar dapat membantu dalam menunjang terciptanya mutu pembelajaran disuatu Lembaga Pendidikan. Dimana tujuan dari pengelolaan sarana dan prasarana adalah untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, maka dibutuhkan manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Focus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar, (2) Bagaimana Pelaksanaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar, (3) Bagaimana Evaluasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, ketua tata usaha, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan keikutsertaan, pemeriksaan sejawat, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan sarana dan prasarana terdiri dari (a) perencanaan diawali dengan rapat koordinasi wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, kepala sekolah, ketua tata usaha, dan komite sekolah. (b) dilakukannya analisis kebutuhan, inventarisasi sarana dan prasarana, dan pembuatan anggaran dana. (c) sarana dan prasarana bertujuan sebagai penunjang tercapainya proses pembelajaran. (d) dalam membuat perencanaan wakil kepala bidang sarana dan prasarana melibatkan kepala sekolah, ketua tata usaha, dan komite sekolah. (2) Pelaksanaan sarana dan prasarana terdiri dari (a) pelaksanaan sarana dan prasarana diawali dengan proses Analisa dan klasifikasi kebutuhan (b) dalam pelaksanaan sarana dan prasarana harus ada strategi yang matang. (c) kondisi sarana dan prasarana sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. (d) mutu pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar sudah bagus, dapat diketahui dari hasil prestasi akademik maupun non akademik. (e) suasana kelas sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. (f) anggaran dana sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan sarana dan prasarana. (3) Evaluasi sarana dan prasarana terdiri dari (a) proses evaluasi dilakukan setiap hari sabtu oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. (b) proses evaluasi sarana dan prasarana meliputi inventarisasi keberadaan sarana dan prasarana, mengumpulkan data pendukung, dan tanggapan pengguna sarana dan prasarana, (c) tolak ukur keberhasilan sarana dan prasarana ialah tersedianya seluruh sarana dan prasarana. (d) dalam kegiatan sarana dan prasarana harus ada rencana tindak lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173019 Moch Alfan Amrulloh Fikri
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:41
Last Modified: 10 Jan 2022 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item