AKTUALISASI PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Blitar Tahun Ajaran 2020-2021)

MUHAMMAD KHOMSUN, 12201173039 (2021) AKTUALISASI PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Blitar Tahun Ajaran 2020-2021). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (752kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (434kB)

Abstract

Muhammad Khomsun, NIM. 12201173039, 2021 M, “Aktualisasi Pendekatan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Blitar Kelas VIII Tahun Ajaran 2020-2021]”, Skripsi, Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Fokus penelitian : 1. Bagaimana prosedur perencanaan aktualisasi pendekatan penilaian autentik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 ?; 2. Bagaimana prosedur aktualisasi pendekatan penilaian autentik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 ?; 3. Bagaimana implikasi dari aktualisasi pendekatan penilaian autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar ?. Penelitian ini dengan dipandu teori penilaian autentik penulis belajar mengindahkan keterpaduan konstruksi “paradigma Islamiy (bayaniy, burhaniy, ‘irfaniy)” kendati mengadop “paradigma postpositivistik-interpretif”. Kehadiran peneliti : mulai Sabtu, 14 Maret 2020. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data: Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi. Data: Ringkasan Data. Prosedur analisis data : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data : perpanjangan kehadiran, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi (sumber dan metode serta waktu), pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ; 1. Prosedur perencanaan aktualisasi pendekatan penilaian autentik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar kelas VIII tahun ajaran 2020-2021, adalah melaui penetapan : a. dasar pijakan kompetensi yang harus dikuasai para siswa mengenai KI-1, KI-2, KI-3, KI-4 mengacu pada kurikulum dan standar kompetensi lulusan yang berlaku; b. dasar pijakan pelaksanaan penilaian autentik mengacu pada prota, promes, analisis KI KD, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan penetapan KKM; Perencanan penilaian autentik KI-1 dan KI-2 digabung menjadi satu dalam bentuk kategori penilaian sikap dengan menggunakan teknik observasi, (sikap berdoa di awal dan di akhir pembelajaran, konfirmasi kehadiran, ketepatan pengumpulan tugas), KI-3 menggunakan tes pilihan ganda dan tes esai, KI-4 menggunakan teknik unjuk kinerja dan portofolio; d. dasar pijakan proses penilaian autentik dari masing-masing siswa mengacu pada rubrik penilaian KI-1 KI-2 KI-3 KI-4 sebagaimana termaktub dalam RPP; 2. Prosedur aktualisasi pendekatan penilaian autentik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar kelas VIII tahun ajaran 2020-2021, adalah: a. pasang surut sebagai kecenderungan sifat yang melekat pada respon positif kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mata pelajaran akidah akhlak dan kendala pelaksanaan penilaian autentik berupa keterbatasan waktu, sebagian guru masih terbawa metode lama, sebagian siswa yang masih belum bisa menyesuaikan dengan penilaian autentik; b. jenis penilaian autentik yang telah diaktualisasikan untuk KI-1 dan KI-2 menggunakan teknik observasi dengan mengamati prilaku menjawab salam di awal dan di akhir pembelajaran, konfirmasi kehadiran dan ketepatan pengumpulan tugas, dan untuk KI-3 menggunakan tes tertulis pilihan ganda dan esai, juga untuk KI-4 menggunakan unjuk kerja dan portofolio meliputi mengkomunikasikan materi ajar di depan kelas dan membuat rangkuman; c. kecenderungan perilaku guru mata pelajaran akidah akhlak selama proses penilaian autentik terlibat secara aktif sebagai fasilitator kemudian menganalisis dan mendiagnosa hasil kemampuan siswa, mengadakan program remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM dan melaporkan hasil penilaian siswa kepada guru wali kelas yang akan dilaporkan ke pihak terkait melaui buku rapor siswa; 3. Implikasi dari aktualisasi pendekatan penilaian autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 adalah: a. terjadi peningkatan proses berfikir peserta didik yang ditandai dengan perkembangan kemampuan memahami dan merespon serta mengkomunikasikan materi ajar; b. perkembangan aspek afektif siswa yang tampak pada kemampuan merespon dan menanggapi terhadap tugas yang diberikan dan perkembangan aspek kognitif yang tampak pada perkembangan pemahaman terhadap materi ajar dan perkembangan kemampuan mengingat materi ajar yang semakin baik serta kemampuan menalar atau mengaitkan kehidupan nyata dengan materi ajar meski masih dalam bimbingan guru, juga perkembangan aspek psikomotorik yang tampak pada kemampuan komunikasi mengenai materi ajar di depan kelas yang kemudian berpengaruh pada kemampuan pemahaman dan mengingat materi ajar yang berdampak secara positif pada perilaku siswa di kelas dan di lingkungan madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173039 muhammad khomsun
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:10
Last Modified: 10 Jan 2022 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item