IMPLEMENTASI METODE MUDAWAMAH DALAM MENINGKATKAN MENGHAFAL JUZ AMMA PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

ANIS BINTI SALAMAH, 12205173182 (2021) IMPLEMENTASI METODE MUDAWAMAH DALAM MENINGKATKAN MENGHAFAL JUZ AMMA PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Mudawamah dalam Meningkatkan Menghafal Juz Amma pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Anis Binti Salamah, NIM 12205173182, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci : Implementasi, Metode Mudawamah, Menghafal Juz Amma Penelitian ini dilatar belakangi bahwa program tahfidz Qur’an Juz Amma menarik karena dipadukan dengan penggunaan metode mudawamah. Dengan adanya metode mudawamah maka proses pembelajaran menghafal Juz Amma akan lebih maksimal. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal Juz Amma bukan disebabkan karena rendahnya kemampuan yang dimiliki. Akan tetapi salah satu penyebabnya adalah belum ditemukannya metode yang tepat dalam proses belajar siswa. Oleh karena itu sekolah berupaya penuh dalam proses pembelajaran siswa dengan menghadirkan metode mudawamah untuk meningkatkan menghafal Juz Amma pada siswa. Sehingga dapat merangsang daya ingat siswa dalam menghafal Juz Amma. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran tahfidz Juz Amma dengan metode mudawamah di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung?, (2) Mengapa pembelajaran tahfidz Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung menggunakan metode mudawamah?, (3) Bagaimana dampak implementasi metode mudawah dalam menghafal Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran tahfidz Juz Amma dengan metode mudawamah di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung, (2) Mendeskripsikan penyebab pembelajaran tahfidz Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung menggunakan metode mudawamah, (3) Mendeskripsikan dampak implementasi metode mudawamah dalam menghafal Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan temuan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran tahfidz Juz Amma dengan metode mudawamah di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung ada tiga tahap yaitu: (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap evaluasi, (2) Penyebab dipilihnya pembelajaran tahfidz Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung menggunakan metode mudawamah ada tiga yaitu: (a) mendukung kompetensi siswa dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an, (b) sangat efektif dan efisien, (c) dapat membantu mempercepat hafalan siswa, (3) Dampak implementasi metode mudawamah dalam menghafal Juz Amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung ada tiga yaitu : (a) bagi guru, diantaranya menjadi pendidik yang disiplin, (b) bagi siswa, diantaranya siswa mudah dan cepat dalam menghafal Juz Amma, siswa mempunyai modal hafalan Al-Qur’an, mendapatkan pahala, merasa senang dan tenang saat mengikuti pelajaran, dan waktu belajar mata pelajaran yang sudah ada surah pendeknya sudah hafal dan paham, (c) bagi sekolah diantaranya mempunyai program unggulan tahfidz dan menghasilkan output generasi Qur’ani.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173182 ANIS BINTI SALAMAH
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:02
Last Modified: 11 Jan 2022 06:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item