ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN RELAKSASI PADA SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR KAS TULUNGAGUNG TRADE CENTER (EKS BRI SYARIAH)

ELLORA NIRVANA PUTRI, 12401173246 (2021) ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN RELAKSASI PADA SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR KAS TULUNGAGUNG TRADE CENTER (EKS BRI SYARIAH). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Dampak Covid-19 terhadap Pembiayaan Bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Kas Tulungagung Trade center (Eks BRI Syariah)” ini ditulis oleh Ellora Nirvana Putri, NIM 12401173246, dengan pembimbing Elok Fitriani Rafikasari, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dampak dari kebijakan relaksasi pada saat pandemi Covid-19 terhadap pembiayaan bermasalah. Kebijakan ini terjadi karena nasabah tidak mampu membayar kewajibannya kepada bank, sebagai dampak dari melemahnya perekonomian masyarakat yang berakibat menurunnya pendapatan mereka. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui bagaimana kondisi pembiayaan bermasalah pada BRI Syariah KK Tulungagung, untuk mengetahui bagaimana kebijakan relaksasi yang dilakukan BRI Syariah KK Tulungagung kepada nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah dampak pandemi Covid-19, untuk mengetahui apa dampak sebelum & sesudah covid-19 terhadap pembiayaan bermasalah pada BRI Syariah KK Tulungagung, untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara jumlah pembiayaan bermasalah sebelum dan sesudah Covid-19 pada BRI Syariah KK Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas dan independent sampel t-test. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) Kondisi pembiayaan bermasalah pada bank BRI Syariah KK Tulungagung mengalami ketidak stabilan sebelum ataupun sesudah adanya pandemi Covid-19, (2) Dampak dari kebijakan relaksasi ini berpengaruh pada kapasitas BRI Syariah KK Tulungagung kepada calon nasabah, juga dipengaruhi oleh presentase collection, (3) Pembiayaan bermasalah bank BRI Syariah KK Tulungagung sebelum adanya pandemi Covid19 mengalami ketidak setabilan dan meningkatnya pembiayaan bermaslah (NPF) yang berkelanjutan akan mengakibatkan operasional bank akan dibekukan oleh pihak bank Indonesia akibat dari tingginya non performing financing (NPF), (4) Nilai rata-rata pembiayaan bermasalah bank BRI KK Tulungagung sebelum adanya pandemi Covid-19 sebesar 2.094.490 dan sesudah Covid-19 sebesar 4.343.900. Kata Kunci: Bank BRI Syariah, Dampak Covid-19, Pembiayaan Bermasalah, Relaksasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pandemi
Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173246 ELLORA NIRVANA PUTRI
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:28
Last Modified: 11 Jan 2022 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item