STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMPN 1 REJOTANGAN

MUHAMAD ZEIN ARIFIN, 17201153448 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMPN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Muhamad Zein Arifin, NIM. 17201153448, pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Akhlak terpuji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu kesadaran peserta didik dalam hal akhlak masih rendah. Karena siswa dalam memahami Agama Islam hanya mampu pada ranah kognitif saja. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya strategi guru PAI untuk meningkatkan akhlak terpuji siswa. Tanpa adanya strategi yang diterapkan dalam meningkatkan akhlak terpuji kepada peserta didik maka dalam prosesnyapun tidak akan berjalan lancar dan akhlak siswa juga menjadi berkurang. Strategi yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku yang baik dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana program kegiatan pembelajaran di dalam kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan? (2) Bagaimana program kegiatan pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan? (3) Apa saja hambatan yang terjadi dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan? (4) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan pembelajaran di SMPN 1 Rejotangan?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui program kegiatan pembelajaran di dalam kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan. (2) Untuk mengetahui program kegiatan pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan. (3) Untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 1 Rejotangan. (4) Untuk mengetahui solusi mengatasi hambatan dalam kegiatan pembelajaran di SMPN 1 Rejotangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di SMPN 1 Rejotangan, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif dan analisis data berdasarkan analisis interaktif, sebagaimana yang dikembangakan Miles dan Huherman. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Program kegiatan pembelajaran di dalam kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa yaitu melalui pembiasaan membaca surat-surat pendek, doa, dan asmaul husna sebelum pembelajaran, mewajibkan semua siswi menggunakan jilbab ketika pembelajaran PAI, memberikan motivasi berupa nasehat-nasehat danmelalui cerita dari tokoh-tokoh islam. (2) Program kegiatan pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan sholat dhuha dan duhur berjamaah, peringatan hari besar agama Islam (PHBI), ekstra kulikuler hadroh. (3) Hambatan yang terjadi dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa terdapat 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlak terpuji adalah kurangnya kedisiplinan siswa, motivasi dan antusias siswa serta masih terdapat siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Faktor eksternal yang menghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa adalah lingkungan keluarga. (4) Solusi diantaranya untuk mengatasi hambatan internal yaitu nasihat dan peringatan secara lisan maupun tulisan, pendekatan emosional, dan mengikuti Madrasah Diniyah . Solusi untuk mengatasi hambatan eksternal yaitu membangun kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153448 MUHAMAD ZEIN ARIFIN
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:28
Last Modified: 12 Jan 2022 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item