STRATEGI KUALITAS PELAYANAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (Studi Kasus Di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara Dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung)

DIAH AYU ANGGILIA, 17401163248 (2021) STRATEGI KUALITAS PELAYANAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (Studi Kasus Di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara Dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Strategi Kualitas Pelayanan dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Baitul Maal Wat Tamwil (Studi Kasus di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung)” yang ditulis oleh Diah Ayu Anggilia, NIM 17401163248, pembimbing Muhammad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan antar lembaga keuangan syariah yang ketat dibutuhkan tingkat kualitas pelayanan yang baik sehingga mendapatkan harapan yang dicapai. Baitul Maal Wat Tamwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial menjadi sangat penting dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi kualitas pelayanan di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung? 2) Bagaimana strategi kualitas pelayanan dalam menghadapi persaingan bisnis di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung? 3) Apa saja kendala kualitas pelayanan dalam menghadapi persaingan bisnis di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung? 4) Bagaimana solusi untuk menghadapi kualitas pelayanan dalam menghadapi persaingan bisnis di Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kualitas pelayanan Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian, dapat diketahui bahwa: 1) Antara Kopsyah BMT Sahara dan Kopsyah BMT Istiqomah hampir memiliki strategi yang sama yakni dengan meningkatkan ketersediaan fasilitas sarana prasarana, menyediakan produk syariah sesuai kebutuhan anggota serta memberikan ketersediaan sumber daya manusia yang memadahi. 2) Menghadapi persaingan bisnis lembaga keuangan syariah BMT Sahara dan BMT Istiqomah menggunakan analisis SWOT untuk menetralkan ancaman, melemahkan atau menghindari ancaman serta mengeksploitasi peluang yang dimiliki. 3)Kendala penerapan strategi Kopsyah BMT Sahara dan BMT Istiqomah yakni keberadaan sumber daya manusia, keberadaan teknologi mutakhir, serta wabah bencana alam tidak terduga seperti covid 19 menjadi masalah pokok penerapan strategi tidak berlangsung maksimal. 4) Solusi Kopsyah BMT Sahara dan BMT Istiqomah dalam menghadapi kendala kurang lebih sama, yakni dengan meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada, meningkatkan efisiensi dan efektivitas BMT serta melakukan evaluasi. Kata Kunci: Strategi, Kualitas Layanan, Persaingan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163248 DIAH AYU ANGGILIA
Date Deposited: 12 Jan 2022 08:11
Last Modified: 12 Jan 2022 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item View Item