IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG

FAIZATUR ROFIQOH, 12205173267 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh FAIZATUR ROFIQOH, NIM. 12205173267, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Pandemi Covid 19 Pandemi Covid 19 menyebabkan dampak yang sangat besar pada seluruh aspek, salah satunya pendidikan. Didalam pendidikan berdampak pada proses pembelajaran, yang sulit adalah pembelajaran tematik, berbeda dengan mengajar biasa. Bagaimana mengajar secara daring dengan munggunakan tema, karena itu sangat sulit. Akibat dari adanya proses pembelajaran daring, menyebabkan proses belajar peserta didik menjadi terhambat, oleh karena itu peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, selain itu guru menjadi lebih sulit dalam melakukan penilaian yang digunakan sebagai tolak ukur pada kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana tahap pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19 di MIN 4 Tulungagung, 2) Bagaimana dampak pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19 di MIN 4 Tulungagung, 3) Bagaimana solusi pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19 di MIN 4 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan tahap pelaksanaan pembelajaran tematik Pada Masa Pandemi Covid 19, untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19untuk mendeskripsikan solusi pelaksanaan pembelajaran pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan pengecekan, keabsahan data dengan triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini antara lain, (a) tahap pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, menyiapkan rpp daring, menyiapak materi berpa videoa atau foto kemudia dikirimkan melalui grub whattsap (2) Dampak pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, anak terbiasa dirumah sehingga menjadi terlena untuk belajar (3) Solusi pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, cara mengatasi permasalahan yang terjadi seperti kurangnya pemahaman materi dengan menjelaskan pembelajaran melalui video ABSTRACT Thesis with the title "Implementation of Thematic Learning During the Covid 19 Pandemic At MIN 4 Tulungagung" was written by FAIZATUR ROFIQOH, NIM. 12205173267, Department of Teacher Education at Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Islamic State IAIN Tulungagung which is advisor by Dr. Muniri, M.Pd Keywords: Thematic Learning, Covid 19 Pandemic The COVID-19 Pandemic has had a huge impact on all aspects, one of which is education. In education, it has an impact on the learning process, what is difficult is thematic learning, which is different from ordinary teaching. How to teach online using a theme, because it's very difficult. As a result of the online learning process, it causes the learning process of students to be hampered, therefore students do not understand the material presented, besides that the teacher becomes more difficult in conducting assessments which are used as benchmarks on the ability of students to understand the material being taught. As for knowing this, the researchers formulated the research focus as follows: 1) How was the implementation stage of thematic learning during the Covid 19 Pandemic at MIN 4 Tulungagung, 2) What was the impact of thematic learning during the Covid 19 Pandemic at MIN 4 Tulungagung, 3) What was the solution thematic learning during the Covid 19 Pandemic at MIN 4. The aim of this researcher is to describe the stages of implementing thematic learning during the Covid 19 Pandemic at MIN 4 Tulungagung, and also find out solutions for implementing thematic learning learning during the Covid 19 Pandemic, the impact of learning thematic during the Covid-19 Pandemic. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. This research uses checking, data validity by triangulation and extension of participation. Hasil penelitian ini antara lain, (1) tahap pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, menyiapkan rpp daring, menyiapak materi berpa videoa atau foto kemudia dikirimkan melalui grub whattsap, (2) Dampak pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, anak terbiasa dirumah sehingga menjadi terlena untuk belajar, (3) Solusi pembelajaran tematik pada masa Pandemi Covid 19, cara mengatasi permasalahan yang terjadi seperti kurangnya pemahaman materi dengan menjelaskan pembelajaran melalui video

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12101173005 ALFANI ARISTIN
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:15
Last Modified: 18 Jan 2022 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item View Item