INDAH RAHAYU, 12206173085 (2021) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN ATAS KOMPETENSI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI TK DHARMA WANITA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (176kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (709kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis metode pembelajaran atas kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma wanita Kromasan Ngunut Tulungagung” yang ditulis oleh Indah Rahayu, NIM 12206173085 yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: metode pembelajaran, kedisiplinan Kedisiplinan pada anak dapat membentuk sikap teratur dan mentaati norma aturan yang ada. Guru memiliki peranan yang sangat besar dalam penanaman disiplin anak di sekolah, karena guru sebagai pengajar sekaligus pendidik yang merupakan orang yang terlibat langsung dalam penanaman sikap dan kebiasaan anak agar memiliki disiplin diri. Penelitian ini akan dilaksanakan di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung, tepatnya pada guru Kelas. Karena berdasarkan observasi dan informasi yang diperoleh penulis, peserta didik (siswa) di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung tersebut mampu bersikap disiplin dalam menaati peraturan di Sekolah. Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana guru merencanakan metode pembelajaran atas kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana guru mengaktualisasi metode pembelajaran atas kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung (3) Bagaimana dampak metode pembelajaran yang diaktualisasi guru terhadap kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Guru merencanakan metode pembelajaran atas kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung dengan menetapkan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum K-13. Membuat program tahunan, semester, mingguan dan harian. Kompetensi kedisiplinan dalam RPPH masuk ke materi pembiasann. 2) guru mengaktualisasi metode pembelajaran atas kompetensi kedisiplinan peserta didik di TK Dharma Wanita Kromasan Ngunut Tulungagung dengan menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode cerita, metode bernyanyi, metode pemberian nasihat, metode pemberian penghargaan dan metode hukuman. 3) dampak metode pembelajaran yang diaktualiasi guru atas kompetensi Kedisiplinan meliputi : metode pembiasaan membuat anak terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari, metode keteladanan anak meniru perilaku baik guru, metode bercerita memudahkan anak memahami kedisiplinan melalui cerita, metode bernyanyi menambah pengetahuan anak dengan lagu, metode pemberian nasehat membuat anak mengetahui perbuatan yang baik dan tidak baik, metode pemberian penghargaan memberikan dukungan kepada anak bahwa tindakan yang dilakukan benar metode pemberian hukuman membuat anak mengetahui bahwa setiap yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173085 INDAH RAHAYU |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24172 |
Actions (login required)
View Item |