ZAHROTUS SA’ADAH, 17205163240 (2021) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (725kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (708kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (729kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (757kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembiasaan di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Zahrotus Sa’adah, NIM 17205163240, yang dibimbing oleh Bapak H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Nilai-Nilai Religius, Kegiatan Pembiasaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemrosotan akhlak disebabkan kurang tertanamnya jiwa agama pada seseorang dan tidak terlaksananya pendidikan agama sebagaimana mestinya dikeluarga, disekolah dan masyarakat. Melihat hal itu, MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung memiliki program melalui kegiatan pembiasaan, yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius sebagai upaya guru memberikan pembelajaran moral kepada peserta didik tingkat dasar. Beberapa kegiatan tersebut antara lain: kegiatan pembiasaan shalat dhuha, kegiatan pembiasaan Tilawatil Qur’an dan kegiatan pembiasaan istighosah. Berdasarkan permasalahan diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ?, (2) Bagaimana Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembiasaan Tilawatil Qur’an di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ?, (3) Bagaimana Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembiasaan Istighosah di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yaitu, menanamkan nilai ibadah, menanamkan nilai disiplin, dan menanamkan nilai akhlak. (2) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan pembiasaan Tilawatil Qur’an di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yaitu, menanamkan nilai akhlak, menanamkan nilai keteladanan, dan menanamkan nilai ruhul jihad. (3) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan pembiasaan istighosah di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yaitu, menanamkan nilai amanah, menanamkan nilai ikhlas, dan menanamkan nilai disiplin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > SQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | s1 17205163240 ZAHROTUS SA’ADAH |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24178 |
Actions (login required)
View Item |