PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DALAM MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022

ERVINA INDRIANI, 12210173070 (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DALAM MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Problematika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dalam Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Ervina Indriani, NIM. 12210173070, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: problematika, menulis, teks narasi, pembelajaran tatap muka terbatas Pembelajaran tatap muka terbatas merupakan hal baru bagi siswa setelah 1,5 tahun belajar secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran tatap muka terbatas merupakan pembatasan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi penyebaran kasus Covid-19. Selain jumlah siswa, pembatasan juga dilakukan pada waktu pembelajaran, indikator pencapaian, dan materi pembelajaran. Perubahan sistem pembelajaran ini berdampak pada kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada materi menulis teks narasi. Teks narasi merupakan karangan yang mengutamakan imajinasi siswa. Sebagai karangan yang mengutamakan imajinasi, maka diperlukan ide cerita dan pengembangan yang kreatif serta inovatif. Namun, sebagai sistem pembelajaran baru dan juga materi baru, terdapat beberapa kendala yang menghambat tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini memuat dua (2) tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan problematika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dalam menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir tahun ajaran 2021/2022, dan (2) mendeskripsikan solusi dari problematika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dalam menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, klasifikasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengecekan data melalui berbagai sumber, penggunaan dokumentasi sebagai bukti keaslian data, peningkatan ketekunan dalam pemeriksaan data, diskusi dengan teman sejawat, dan bimbingan dengan dosen pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam penggunaan perangkat pembelajaran yang meliputi keterbatasan waktu dan kesulitan guru dalam merealisasikan RPP. Problematika penyampaian materi yang meliputi tidak adanya media pembelajaran, kemasalasan siswa dalam membaca, kesulitan siswa dalam membedakan teks narasi dengan fabel. Problematika pengelolaan kelas yang meliputi anggapan siswa bahwa guru galak, cara mengajar yang susah dipahami, dan kesulitan guru dalam mengondisikan kelas serta membedakan siswa yang sudah paham dan belum paham. Problematika teknik dan pemberian tugas yang meliputi kesulitan siswa dalam merangkai kata-kata, kesalahan dalam penggunaan struktur, kebahasaan, ejaan, dan tidak adanya perbaikan dalam menulis teks narasi sehingga guru kesulitan mengambil nilai. Upaya guru dalam mengatasi problematika yang terjadi selama proses pembelajaran adalah perbaikan RPP serta cara mengajar dengan menambahkan media dan lebih memperhatikan kebutuhan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Luring
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173070 ERVINA INDRIANI
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:02
Last Modified: 18 Jan 2022 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item