PENGARUH MEDIA FILM KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

ANIS SINTAWATI, 12210173078 (2021) PENGARUH MEDIA FILM KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Media Film Kartun terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Fabel pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022" ini ditulis oleh Anis Sintawati, NIM 12210173078. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Film Kartun, Kemampuan Menceritakan Kembali, Teks Fabel. Penelitian ini dilandasi oleh peneliti yang ingin mengetahui bahwa media film kartun dapat diujicobakan pada pembelajaran menceritakan kembali fabel di SMP Negeri 2 Tulungagung. Adanya ujicoba media film kartun dalam kemampuan menceritakan kembali teks fabel dapat membantu guru maupun siswa untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya ujicoba untuk membuktikan bahwa media film kartun dapat digunakan dalam pembelajaran kemampuan menceritakan kembali teks fabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh media film kartun terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media film kartun terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik sampling jenuh yang menjadikan seluruh siswa kelas VII D sebagai sampel penelitian dengan total 36 siswa. Data dikumpulkan dengan melakukan tes. Data tes dianalisis menggunakan analisis statistik uji T dengan menghitung antara hasil pembelajaran teks fabel tanpa memanfaatkan media film kartun dan hasil pembelajaran teks fabel yang memanfaatkan media film kartun. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes kemampuan menceritakan kembali teks fabel sebelum menggunakan media film kartun memiliki rata-rata 78,47 sedangkan sesudah menggunakan media film kartun memiliki rata-rata 89,16. Pada pengujian paired sample T test dengan nilai t hitung sebesar 13,340 lebih besar dari t tabel senilai 2,032. Jika nilai t hitung lebih besar daripada t tabel maka Ha diterima. Pada hasil pengujian uji t diketahui nilai sig sebesar 0,000. Nilai sig 0,000 adalah nilai yang lebih kecil atau kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media film kartun memiliki pengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173078 ANIS SINTAWATI
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:35
Last Modified: 19 Jan 2022 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24198

Actions (login required)

View Item View Item