Patoni, Achmad (2014) Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa Kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text
Motto-abstrak.pdf Download (399kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “” ini ditulis oleh Nurul Lailatus Sa‟idah, 3217103071 di bimbingoleh Prof. Dr. H. , M.Ag. Kata kunci: Metode Drill, hasil belajar siswa. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung adalah kurang aktifnya siswa terhadap pelajaran Al-Qur‟an Hadits dan kurang menariknya pembelajaran siswa terhadap pelajaran Al-Qur‟an Hadits. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits khususnya di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung terkesan monoton/ rendah. Untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, metodepembelajaran Drill sangatlah tepat, karena metode ini dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan surat Al-Qadr siswa kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan surat Al-Qadr melalui penerapan metode drill pada siswakelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan surat Al-Qadr siswa kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan surat Al-Qadr melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V di SDI SunanGiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan minat belajar siswa yang sesuai dengan karakteristik penelitian tindakan kelas. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi : (1) menyusun perencanaan (planning), (2) melaksanakan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data berupa hasil belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian xvii dengan foto-foto. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan metode drill, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Adapun langkah-langkah penerapan metode tersebut meliputi: Tahap awal; 1) Membuka pelajaran, 2) Menyampaikan tujuan pembelajaran, 3) Memberikan dorongan semangat belajar kepada siswa. Tahap Inti; 1) Guru menjelaskan materi tentang surat Al-Qadr dan mengajak siswa untuk membaca ayat-ayat tersebut dengan berulang-ulang, 2) Guru menjelaskan aturan mainnya untuk menerapkan metode drill, 3) Guru memberikan potongan-potongan surat Al-Qadr, 4) Guru meminta siswa untuk mencari pasangan dari potongan-potongan ayat tersebut dan menempelkan ke papan tulis dengan waktu 2 menit, 5) Siswa diminta untuk mencermati dari hasil yang telah ditempelkan dan diminta untuk membaca bersama-sama. Tahap akhir; 1) Menyimpulkan hasil pembelajran, 2) Pemberian soal / tes. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang meningkat dapat dilihat dari nilai tes. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang semula 60 (tes awal), meningkat menjadi 75,26 (tes siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 92,63 (tes siklus 2). Selain itu, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan persentase ketuntasan belajar tes awal (36,84%) meningkat pada tes siklus 1 (78,94%), dan meningkat lagi pada tes siklus 2 (100%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatakan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas V di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 02:18 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/242 |
Actions (login required)
View Item |