PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MIN 1 TRENGGALEK

MUHAMMAD KHOZIN, 17505164031 (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MIN 1 TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul '?engembangan Modul Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Unhrk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MIN I TrenggaleK'ioi ditolir oleh Muharnmad Khozin dengan dibimbing oleh Dr'Chusnul Khotimah,M.Ag dan Dr. Nur Efendi, M. Ag ' Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kurilarlum 2013 yang mengalami perubatran (revisi). Semula petajaran matematika menjadi satu dengan pelajaran lain atau tematik, setefah adanya revisi kurikulum akhirnya matematika meqiadi pelajaran yang berdiri sendiri. Sehingga bahan ajar berupa buku cetak matematika yang mengacu kurikulum 2013 revisi terbanr tahun 2017, belun beredar sampai di MIN I Trenggalek. Pada akhinrya yang terjadi adalah pembelajaran matematika di Madmsah masih menggunakarr LKS. Pembelajaran Matematika di Madrasah yang masih menggunakan sumber atau bahan ajar Lembar Kerja Siswa sangptlatr kurang efektif dao, memadai. Secara tampilan kurang menarik karena disajikan dalam kertas buram, lcurang berganrbar, tidak berwarnq dan materi dijelaskan secara singkat, Kondisi bahen ajar yang demikian berdasarkan observasi yang telatr dilakukan peneliti dapat mempenganrhi hasil belajar siswa sehingga siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah : l) Bagaimana kelayakan modul'pembelajaran Matematika tentang bangun darar untuk kelas 4 MIN I Trenggalek?, 2) Apakah modul yang dikembanekan dapat mempengaruhi p€ningkatan hasil belajar siswa kelas 4 MIN 1 Trenggalek? Penelitian ini merupakan Research atd Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan model 3-D.meliputi define (pendefinisian) design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian produk dilah*an oleh seorang ahli materi, seorang ahli media" dua orang gruu Kelas, dan dua orang teman sejawat. Uji ooba dilakukan kepada 38 siswa kelas 4 MIN I Trenggalek dengan rincian l0 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 28 siswa untuk uji lapangan ftelompok besar). Manfaat dari penelitian tentang pengembangan modul ini adalah: l) Bagi guru Sebagai altematif sumber belajar dalam menrmjang proses pembetajaran di kelas, 2) Bagi siswa, Membantu siswa dalam me,mahami materi bangun datar dan Mengasah kemampuan penyelesaian soal dengan mengsrjakan soal-soal latihan didalam modul, 3)Bagi peneliti, Sebagai rujukan unttrk pe'nelitian lebih lanjut di masa yang akan datang dengan mengembangkan modul tema yang lain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) modul pembelajaran Matematika tentang bangun datar uhrk kelas + dinilai dari : a) aspek kelayakan isi berkualitas baik menurut ahli materi, dan berkualiatas saogat baik menurtrt guru dan teman sejawat b) aspek bahasa dan gambar berkualitas baik menurut ahli materi, dan berkualiatas sangat baik menunrt gunr dan teman sejawat, c) aspek penyajian berkualitas sangat baik menrrrut ahli media, gurtg dan teman sejawa! dan d) aspek kegrafftan berkualiatas sangat baik meinrnrt abli media" gurq dan teman sejawa\ 2) Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan modul yang dikembangkan, terjadi peningkatan 89% jumlah siswa yang nencryai ketuntasan belajar. Hasil. tersebut mennjukkan bahwa modul pembelajaran Matematika tentang bangrrn datar untnk kelas 4, hasil pengembangan layak digrrnakan rurtuk neningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MIN I Trenggalek.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 17505164031 MUHAMMAD KHOZIN
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:27
Last Modified: 20 Jan 2022 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24202

Actions (login required)

View Item View Item