PENERAPAN METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PANGGUL TRENGGALEK

INDAH SUSANTI, 12201173355 (2021) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Nilai- Nilai Keislaman Peserta Di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek” ditulis oleh Indah Susanti, NIM. 1220117355. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.Pembimbing: Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Nilai Kesilaman. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kita jumpai peserta didik yang kurang menanamkan keislaman pada diri mereka sendiri.Penerapan Metode yang dilakukan guru pendidikan agama Islam sangatlah penting untuk menanamkan nilai- nilai pada peserta didik.Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek bahwa beberapa dari peserta didik masih kurang memahami fungsi agama dalam kehidupan sehari- hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan Rosulullah SAW dengan baik ada juga peserta didik yang sudah mengetahui namun tidak mengamalkannya dalam kehidupan sehari- hari. Dengan demikian, dalam rangka menanamkan nilai keislaman yang baik dalam diri anak didik, lembaga pendidikan atau setiap sekolah semestinya menerapkan pembiasaan pembiasaan.Penanaman nilai keislaman peserta didik dengan menggunakan metode pembiasaan diharapkan dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dengan baik. Rumusan masalah ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai- nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek?. 2.Bagaimana pelaksanaan penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai- nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek?. 3.Bagaimana evaluasi penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek?.Sedangkan tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui perencanaan penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek.2.Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek 3. Untuk mengetahui evaluasi penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis studi kasus (case research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi sedangkan pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) pengujian pengamatan, (2) ketekunan pengamatan,(3) triangulasi meliputi: (i) triagulasi sumber, (ii) triagulasi teknik (iii) triagulasi waktu, (4) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMAN Negeri 1 Panggul adalah sebagai berikut: Melakukan perencanaan berupa; 1. Menyusun kurikulum, program tahunan, program semester, RPP 2. Mengembangkan silabus, 3. Menyiapkan guru yang kompeten,.Dalam pelaksanaannya SMA Negeri 1 Panggul melaksanakan pembiasaan sebagai berikut; 1.Membiasakan mengingat Alloh SWT dilakukan dengan berdo’a sebelum memulai mata pelajaran dan ketika selesai pembelajaran, 2. Membiasakan berperilaku baik dilakukan dengan cara bersalaman dalam kelas baik antara guru dan peserta didik atau peserta didik dengan peserta didik lainnya, guru bertutur kata sopan , serta peserta didik di tanamkan saling menyayangi antar teman, 3. Membiasakan disiplin dan tepat waktu, 4.Membiasakan untuk membaca Al-Quran dengan membiasakan menghafal juz amma, 5.Membiasakan untuk melakukan sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah kemudian berdzikir sesudahnya, 6.Mengadakan extrakulikuler tartil dan hadroh. Evaluasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panggul yaitu;1. Portofolio, 2. Tugas Individu, 3. UTS, 4.UAS, 5.Pengamatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173355 INDAH SUSANTI
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:09
Last Modified: 20 Jan 2022 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item View Item