PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’AIM DI MAN 4 JOMBANG

KHOLIFATUL UMAH, 12201173187 (2022) PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’AIM DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Kholifatul Umah, 12201173187, Penanaman Karakter Husnul Adab melalui Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di MAN 4 Jombang, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Moh Arif, M.Pd. Kata Kunci: Penanaman Karakter, Husnul Adab Perilaku peserta didik di dalam dunia pendidikan akhir- akhir ini semakin mengkhawatirkan, perilaku yang tidak baik dan tidak islami seperti pemalakan siswa, kenakalan anak-anak, tawuran antar siswa, pergaulan bebas, dan sebagainya. Permasalahan tersebut mengharuskan dalam lingkungan pendidikan perlu adanya penanaman karakter husnul adab. Fokus penelitian ini adalah: Pertama, penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di MAN 4 Jombang. Kedua, Implementasi nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’alim pada penanaman karakter husnul adab di MAN 4 Jombang. Ketiga, implikasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam upaya pembiasaan karakter husnul adab melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di MAN 4 Jombang. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk memaparkan penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di MAN 4 Jombang. Kedua, untuk memaparkan Implementasi nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’alim pada penanaman karakter husnul adab di MAN 4 Jombang. Ketiga, untuk memaparkan , implikasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam upaya pembiasaan karakter husnul adab melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu MAN 4 Jombang. Sumber datanya yaitu Guru kitab kuning, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim melalui pembelajaran setiap minggu sekali dikaji dan termasuk dalam pelajaran muatan lokal. Kedua,implementasi nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’alim pada penanaman karakter husnul adab melalui: pembeljaran atau penyampaian materi didalam kelas, pembiasaan husnul adab dilingkungan sekolah agar menjadi karakter, dan memberikan contoh dalam kehidupan sehari hari. Ketiga, implikasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam upaya penanaman karakter husnul adab di MAN 4 Jombang adalah siswa sudah berperilaku sesuai isi kandungan dalam kitab Ta’lim Muta’alim.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173187 KHOLIFATUL UMAH
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:54
Last Modified: 03 Feb 2022 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24233

Actions (login required)

View Item View Item