HIMATUL ULYA, 12208173068 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS BERBASIS VIRTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 SOKO TUBAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (502kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (110kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Berbasis Virtual pada Mata Pelajaran IPA Di SMPN 2 Soko Tuban” ini ditulis oleh Himatul Ulya, NIM. 12208173068 dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas Virtual, Permasalahan, Upaya Mengatasi Keterampilan guru dalam mengelola kelas virtual sedikit berbeda dibandingkan dengan pengelolaan kelas tatap muka, yang mana guru harus lebih terampil lagi dalam memilih media maupun metode yang mudah dipahami dan dimengerti siswa namun tidak membuat siswa menjadi bosan atau jenuh. Pembelajaran virtual dilakukan diberbagai sekolah termasuk di SMPN 2 Soko Tuban, yang merupakan tahun pertama mengikuti pembelajaran virtual. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis mengenai keterampilan apa yang harus dimiliki guru untuk mengelola kelas virtual, permasalahan yang dihadapi, dan juga cara mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas berbasis virtual pada mata pelajaran IPA di SMPN 2 Soko Tuban, (2) Mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam mengelola kelas berbasis virtual pada mata pelajaran IPA di SMPN 2 Soko Tuban, (3). Mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan dan permasalahan dalam mengelola kelas berbasis virtual pada mata pelajaran IPA di SMPN 2 Soko Tuban. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran yang berlangsung secara virtual pada 3 kelas IPA (kelas VII B, VIII C, dan IX B). Wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari guru yang mengajar IPA pada 3 kelas untuk mengetahui permasalahan, upaya untuk mengatasi hambatan dan keterampilan guru dalam mengelola kelas virtual. Dokumentasi menggunakan proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara virtual dan proses wawancara yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan guru dalam mengelola kelas virtual dilakukan dengan observasi selama pembelajaran berlangsung pada 3 kelas yaitu VII B, VIII C, IX B. Dari hasil observasi yang dilakukan Ibu HIS (guru kelas VII B) sangat baik, Bapak RWW (guru kelas VIII C) baik, dan Ibu JA (guru kelas IX B) sangat baik. Permasalahan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas virtual terletak pada jaringan internet yang kurang baik dan partisipasi dari siswa. Upaya guru dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam mengelola kelas virtual dapat dilakukan dengan siswa bisa langsung datang ke sekolah untuk tatap muka secara langsung dengan cara bergantian setiap hari sabtu, diberikan hardcopy atau bisa langsung datang ke rumah guru yang bersangkutan untuk memberikan pembelajaran. Kesimpulan dari keterampilan Guru IPA dalam mengajar kelas virtual sudah baik namun masih perlu ditingkatkan lagi dalam penggunaan media visual agar dapat memantau siswa dalam pembelajaran virtual.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173068 HIMATUL ULYA |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 05:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 05:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24254 |
Actions (login required)
View Item |