STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY JAMU TRADISIONAL “PUTRI WILIS” DI DESA NGADI KABUPATEN KEDIRI

RISKA PUSPA MAWARNI, 12405173016 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY JAMU TRADISIONAL “PUTRI WILIS” DI DESA NGADI KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjuala Pada Home Industry Jamu Tradisional Putri Wilis di Desa Ngadi Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Riska Puspa Mawarni, NIM 12405173016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang tepat untuk menjalankan suatu usaha, termasuk usaha yang dilakukan oleh Jamu Tradisional Putri Wilis (JTPW). Kegiatan pemasaran membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka peneliti mengambil fokus penelitian: (1) Penerapan strategi pemasaran, kendala, dan solusi variabel product dalam meningkatkan penjualan pada JTPW. (2) Penerapan strategi pemasaran, kendala, dan solusi variabel price dalam meningkatkan penjualan pada JTPW. (3) Penerapan strategi pemasaran, kendala, dan solusi variabel promotion dalam meningkatkan penjualan pada JTPW. (4) Penerapan strategi pemasaran, kendala, dan solusi variabel place dalam meningkatkan penjualan pada JTPW. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran, kendala, dan solusi variabel product, price, promotion, dan place atau 4P dalam meningkatkan penjualan pada home industry JTPW di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: penerapan strategi pemasaran variabel product yang dilakukan JTPW menjaga dan meningkatkan kualitas mutu produk. Kendala yang dihadapi adanya pesaing dengan produk yang sama dan listrik padam. Solusi yang dilakukan menumbuk dengan cara tradisional dengan lumpang. Penerapan strategi pemasaran variabel price yang dilakukan JTPW melihat harga dipasaran dan pemberian harga tetap. Kendala yang dihadapi perbedaan penetapan harga dengan banyaknya pesaing yang menjual produk sejenis. Solusi yang dilakukan menstabilkan harga, memberikan harga tetap kepada konsumen. Penerapan strategi pemasaran variabel promotion yang dilakukan JTPW menggunakan personal selling atau penjualan langsung dan menggunakan promosi media sosial. Kendala yang dihadapi kurang efektif dalam pengelolaan media sosial. Solusi yang dilakukan fokus salah satu kegiatan promosi yaitu promosi penjualan langsung atau personal selling. Penerapan strategi pemasaran variabel place yang dlakukan JTPW pembelian secara langsung di tempat, penjualan secara keliling, dan menitipkan ke warung-warung. Kendala yang dihadapi warung-warung tidak berjualan secara bersamaan. Solusi yang dilakukan menjual sendiri, jika tidak habis dijual di rumah. Dalam penerapan strategi pemasaran pada home industry tentunya terdapat kendala yang dihadapi. Setiap kendala yang dihadapi pasti ada solusi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan atau home industry termasuk di JTPW. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Entrepreneur
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405173016 RISKA PUSPA MAWARNI
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:20
Last Modified: 24 Jan 2022 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24273

Actions (login required)

View Item View Item