PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI MAN 1 BLITAR

AHMAD NUR DZULFIKAR, 12210173131 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Infografis untuk Pembelajaran Teks Cerita Pendek Kelas XI MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Nur Dzulfikar, NIM. 12210173131, Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Infografis, Cerita Pendek Belajar dapat dipahami sebagai suatu proses kegiatan guna memperoleh suatu ilmu yang ditandai dengan adanya perubahan pada seseorang, baik itu pengetahuan, sikap, maupun tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan di sekitarnya. Kondisi pembelajaran di MAN 1 Blitar belum terlaksana dengan baik sebab penggunaan media yang belum maksimal. Oleh karena itu media perlu dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Produk media Infografis dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks cerita pendek disajikan dalam bentuk peta konsep dan rangkuman singkat dengan ilustrasi gambar yang diberikan kepada siswa agar siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengembangan media infografis untuk pembelajaran teks cerita pendek kelas XI MAN 1 Blitar. 2) mendeskripsikan kelayakan media infografis untuk pembelajaran teks cerita pendek kelas XI MAN 1 Blitar. Media infografis ini dikembangan berdasarkan model ADDIE yang diadaptasi dari Dick & Carey. Tahapan yang dilakukan meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi praktisi. Efektivitas produk dapat diketahui melalui kegiatan ujicoba kelompok kecil, serta uji pengukuran minat belajar siswa sesudah memakai media “Pamflet”. Berdasarkan analisis hasil penelitan pengembangan media “Pamflet” ini valid untuk digunakan, dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan presentase 82%, ahli media mendapatkan presentase sebesar 93% dan validasi praktisi mendapatkan 90%. Hasil uji coba keefektifan pada kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 90%. Sedangkan untuk uji pengukuran minat sesudah memakai produk sebesar 91% yang dapat disimpulkan bahwa produk sangat valid untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Narasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173131 AHMAD NUR DZULFIKAR
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:44
Last Modified: 21 Jan 2022 01:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24290

Actions (login required)

View Item View Item