BURHANUDIN, 12206173036 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PLLUS HASYIM ASY'ARI PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (406kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (216kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Burhanudin, NIM 12206173036, pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Guru, Moral Anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman moral kepada anak usia dini untuk menciptakan generasi yang bermoral tinggi. Strategi yang tepat sangat berpengaruh terhadap penanaman moral anak. Sepertihalnya pembelajaran dan pembiasaan yag dilakukan di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. Guru menyambut kedatangan anak dengan wajah yang ceria, membiasakan senyum, sapa dan salam, mengantarkan anak menuju kelas, merapikan sepatu sebelum masuk kelas, mengucapkan salam ketika mau masuk kelas, kegiatan dikelas membuat anak antusias mengikuti pembelajaran, memberikan cerita atau dongeng kepada anak seraya menunggu penjemputan. Hal tersebut dapat menstimulus perkembangan moral pada anak-anak di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi guru dalam menanamkan sikap disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar ?. (2) bagaimana strategi guru yang digunakan dalam menanamkan sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar ?. (3) bagaimana strategi guru dalam menanamkan sikap jujur pada anak usia 5-6 tahu di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, jenis yang digunakan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan, triangulasi, teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) strategi guru dalam menanamkan disiplin yaitu keteladanan, membuat peraturan untuk ditaati, memberikan pujian, memberikan hukuman, dan memberikan cerita. (2) strategi guru dalam menanamkan sopan santun yaitu mengajarkan empat kata sopan, ketauladanan, memberikan cerita, memberikan pujian dan konsisten. (3) strategi guru dalam menanamkan sikap jujur yaitu memberikan pemahaman, keteladanan, memberikan cerita dan tidak langsung memberikan hukuman langsung jika bohong
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Skripsi 12206173036 BURHANUDIN |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:46 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24291 |
Actions (login required)
View Item |