STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI (Studi Multisitus di MI Sugihan Kampak Trenggalek dan MI Karangrejo Kampak Trenggalek)

ATIK KHASANAH, 12505174008 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI (Studi Multisitus di MI Sugihan Kampak Trenggalek dan MI Karangrejo Kampak Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi” (Studi Multisitus di MI Sugihan Kampak Trenggalek dan MI Karangrejo Kampak Trenggalek) ini ditulis oleh Atik Khasanah dengan pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M. Pd dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Kolaboratif, Motivasi Belajar Siswa, Era Pandemi. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan motivasi belajar siswa di era pandemi. Penurunan motivasi belajar tersebut terjadi akibat pandemi covid 19 yang mengharuskan pemerintah membatasi dan menghentikan sementara pembelajaran tatap muka. Pandemi covid 19 muncul di Indonesia sejak bulan maret 2020 yang hingga saat ini masih belum berakhir. Akibatnya sekolah tatap muka belum dapat terlaksana dan membuat siswa merasa bosan karena lebih dari satu tahun siswa belajar dari rumah. Perasaan bosan dalam diri siswa akan memicu penurunan motivasi belajar siswa. Penurunan motivasi belajar juga berdampak pada hasil belajar siswa. Motivasi belajar yang rendah akan menghasilkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu diperlukan peran dari guru dan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut. Guru dan orang tua dapat berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran selama siswa belajar dari rumah. Kolaborasi tersebut berupa pantauan dan pendampingan terhadap kegiatan belajar siswa selama dirumah. Guru dapat mendampingi dan memantau kegiatan belajar siswa dengan bantuan orang tua. Sedangkan orang tua dapat memantau dan melakukan pendampingan secara langsung kemudian mengkomunikasikan dengan guru terkait kegiatan pembelajaran siswa. Focus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi? (2) bagaimana strategi penyampaian pembelajaran kolaboratif antara guru dan orang tua dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi? (3) bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran kolaboratif antara guru dan orang tua dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus dengan situs di MI Sugihan Kampak Trenggalek dan MI Karangrejo Kampak Trenggalek. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kolaboratif antara guru dan orang tua dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi. Dari hasil penelitian ini , peneliti menyimpulkan bahwa: (1) strategi pengorganisasian pembelajaran guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi MI Sugihan dan MI Karangrejo terbagi menjadi dua yaitu strategi pengorganisasian mikro dan strategi pengorganisasian makro, strategi pengorganisasian mikro mencakup memilih dan mengembangkan materi yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa. Strategi makro berupa penataan isi pembelajaran berupa pembuatan perangkat pembelajaran (2) strategi penyampaian pembelajaran kolaboratif antara guru dan orang tua dalam peningkatan motivasi belajar siswa di era pandemi MI Sugihan dan MI Karangrejo yaitu dengan adanya penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran, dan adanya kolaborasi antara guru dan orang tua. (3) strategi pengelolaan pembelajaran kolaboratif antara guru dan orang tua di era pandemi MI Sugihan dan MI Karangrejo yaitu dengan melakukan pengelolaan motivasional terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan melakukan control belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: Khasanah Atik
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:15
Last Modified: 21 Jan 2022 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item View Item