Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui PMR ( Pendidikan Matematika Realistik ) Siswa Kelas V Di Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung

Sulistyorini, Sulistyorini (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui PMR ( Pendidikan Matematika Realistik ) Siswa Kelas V Di Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
RUJUKAN N LAMPIRAN.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVeR N LAIN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 2 3 4 5.pdf

Download (681kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik ( PMR), Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah pendidikan yang berkaitan rendahnya prestasi belajar siswa terutama pelajaran matematika karena dianggap menakutkan dan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh cara mengajar guru kurang menarik. Untuk mengatasi kesulitan ini, peneliti melakukan penelitian untuk membiasakan anak-anak dengan matematika pada lingkungan mereka, dan juga menggunakan pembelajaran matematika sebagai subyek pembelajaran yang menyenangkan. Karena matematika yang abstrak, sangat sulit dicerna oleh anak MI yang masih dalam tahap berfikir rasional konkrit. Dengan berorientasi pada realita dan lingkungan tersebut peneliti menggunakan pembelajaran matematika realistik pada materi FPB dan KPK. Masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan PMR (Pendidikan Matematika Realistik) pada materi FPB dan KPK siswa kelas V di MI jati salam gombang pakel tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. 2) Bagaimana penerapan PMR (Pendidikan Matematika Realistik) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V terutama pada materi FPB dan KPK di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan penerapan pembelajaran realistik pelajaran Matematika pada materi FPB dan KPK di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. 2) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran realistik mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi FPB dan KPK di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 19 siswa. Instrumen penelitian ini adalah hasil dari tes, observasi lembaran aktivitas siswa, observasi lembarkan pada kemampuan guru untuk mengatur pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil xvii pengamatan aktivitas siswa ada peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu dari 60 meningkat menjadi 88 dengan kategori baik. 2) Penerapan pembelajaran menggunakan pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Jati Salam pada materi FPB dan KPK. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes mengalami peningkatan pada tes akhir siklus 1 nilai rata-rata siswa 57,3 dan pada siklus 2 nilai rata-ratanya 65,7. Demikian juga dalam hal ketuntasan juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 58% naik menjadi 89%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 02:22
Last Modified: 02 Dec 2014 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item