STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI BMT ISTIQOMAH KARANGREJO DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG

LINA OKTAVIA NURKHAYATI, 12401173487 (2022) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI BMT ISTIQOMAH KARANGREJO DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Oktavia Nurkhayati, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam NIM. 12401173487 dengan Dosen Pembimbing Bapak Refki Rusyadi, M.Pd.I. BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung memiliki produk unggulan pembiayaan murabahah yang banyak diminati oleh anggota khususnya para pelaku usaha meskipun dalam mekanisme pemberian pembiayaan murabahah sangat berbeda antara kedua BMT. Strategi pemasaran yang digunakan kedua BMT sudah sangat baik. Namun, banyak sekali lembaga keuangan syariah maupun konvensional yang menawarkan produk pembiayaan yang sama dengan berbagai kelebihannya. Banyaknya minat anggota untuk mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Istiqomah dan BMT Muamalah dari pada lembaga keuangan lainya, maka peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai strategi pemasaran yang digunakan pada pembiayaan murabahah untuk meningkatkan jumlah anggota. Fokus penelitian dari penelitian ini: (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung? (2) Bagaimana efektivitas penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi anggota dalam pengambilan pembiayaan Murabahah BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan induktif. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data peneliti dari BMT Muamalah Tulungagung adalah Sekretaris, Marketing pembiayaan, staff dan tiga anggota BMT Muamalah. Pada BMT Istiqomah Karangrejo yang menjadi narasumber adalah Manager, staff Pembukuan, dan Marketing pembiayaan, beserta tiga informan dari Anggota BMT Istiqomah Karangrejo. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) penerapan strategi pemasaran BMT Istiqomah word of mouth sudah optimal sehingga mampu meningkatkan jumlah anggota sedangkan pada BMT Muamalah menggunakan promosi menujukan hasil yang baik dalam peningkatan jumlah anggota .(2) strategi pemasaran yang digunakan BMT Istiqomah Karangrejo word of mouth efektif digunakan untuk meningkatkan jumlah anggota meskipun era digital sudah sangat canggih. BMT Muamalah Tulungagung menggunakan strategi pemasaran promosi juga efektif digunakan. (3) faktor yang mempengaruhi anggota mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Istiqomah Karangrejo yaitu faktor sosial, produk, pelayanan, sikap dan keyakinan. Sedangkan pada BMT Muamalah yaitu Faktor produk, harga, promosi, tempat, sikap dan keyakinan. Kata Kunci : Anggota, BMT (Baitul Maal Wa Tamwil), Pembiayaan Murabahah Strategi Pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173487 Lina Oktavia Nurkhayati
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:33
Last Modified: 24 Jan 2022 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item