DJAKY AIDZIL GHOFAR, 12204173086 (2021) KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BESAR SUDUT ANTAR DUA BIDANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Besar Sudut Antar Dua Bidang Ditinjau dari Gaya Kognitif Field independent (FI) di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Djaky Aidzil Ghofar, NIM. 12204173086, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Gaya Kognitif Field Independent (FI), Menyelesaikan Masalah Dalam pembelajaran matematika tentu tidak lepas dari penyelesaian masalah matematika khususnya materi bangun ruang. Mengembangkan kemampuan dan penginderaan spasial siswa sangat berguna dalam memahami relasi dan sifat-sifat dalam geometri untuk memecahkan masalah matematika dan masalah dalam kehidupan seharihari. Perbedaan karakter setiap individu dan kemampuan berpikir yang tak sama juga memberikan perbedaan dalam proses mengembangkan kemampuan tiap individu. Perbedaan individu berdasarkan aspek perseptual dan intelektual dapat diungkapkan oleh tipe-tipe kognitif yang dikenal dengan istilah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya kognitif field independent (FI) tinggi dan gaya kognitif field independent (FI) rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan spasial siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi dan gaya kognitif field independent (FI) rendah dalam menyelesaikan maslah besar sudut antar dua bidang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung kelas XII MIPA tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi dan 2 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah. Data penelitian ini berupa hasil tes GEFT siswa sehingga diperoleh subjek dengan gaya kognitif field independent (FI) yang sesuai, hasil tes dan wawancara siswa yang mengungkap kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah besar sudut antar dua bidang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini yaitu lembar tes GEFT, lembar tes kemampuan spasial siswa materi besar sudut antar dua bidang, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) baik tinggi maupun rendah dalam menyelesaikan masalah besar sudut antar dua bidang, dalam memahami masalah dalam identifikasi unsur bangun ruang (persepsi spasial); dalam merencanakan penyelesaian masalah dengan menvisualisasikan unsur bangun ruang (visualisasi spasial), mengidentifikasi unsur bangun ruang (persepsi spasial), dan memanfaatkan relasi antar unsur bangun ruang (relasi spasial); dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah dengan memanfaatkan relasi antar unsur bangun ruang (relasi spasial) dan mengidentifikasi unsur bangun ruang (persepsi spasial); dalam memeriksa kembali tidak menggunakan kemampuan spasial apapun. Bedanya siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah lebih lemah dalam menggunakan kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah besar sudut antar dua bidang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika > Besaran Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173086 DJAKY AIDZIL GHOFAR |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 01:35 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 01:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24355 |
Actions (login required)
View Item |