STRATEGI PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROGAM KEGAMAAN DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ULFATUL AZIZAH, 12201173307 (2021) STRATEGI PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROGAM KEGAMAAN DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi peningkatan akhlakul karimah peserta didik melalui penerapan progam keagamaan Di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfatul Azizah, NIM. 12201173307, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Penerapan, Progam Keagamaan, Akhlakul Karimah Progam keagamaan dalam dunia Pendidikan sudah tidak asing lagi terlebih jika berada di lingkungan madrasah. Dalam penerapan progam keagamaan ini akan meningkatkan mutu kualitas yang ada di madrasah tersebut. Selain itu, dengan penerapan progam keagamaan akan menumbuhkan nilai-nilai islami yang ada pada diri seorang peserta didik terutama mengenai akhlakul karimah. Pada saat ini, banyak sekali peserta didik yang kurang akan akhlakul karimah, banyak peserta didik yang berperilaku menyimpang dari nilai-nilai islam. Oleh karena itu, diharapkan dengan diterapkannya progam keagamaan ini bisa meningkatkan akhlakul karimah peserta didik khususnya di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan progam keagamaan harian dalam peningkatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung?, (2) Bagaimana penerapan progam keagamaan mingguan dalam peningkatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung?, (3) Bagaimana penerapan progam keagamaan tahunan dalam peningkatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian adalah: (1) peningkatan akhlakul karimah peserta didik bisa melalui kegiatan religius uluk salam dan salaman serta tadarus Al-Quran yang pelaksanaanya menggunakan strategi langsung serta metode pembiasaan dan keteladan. (2) peningkatan akhlakul karimah peserta didik bisa melalui kegiatan religius berbasis kepondok pesantrenan dengan meliputi kegiatan sholad berjamaah yakni (sholad dhuha, sholad dhuhur, dan sholad jum’at), istighosah, tahfidz AlQur’an, dan pengkajian kitab kuningyang pelaksanaanya menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, dan hukuman. (3) peningkatan akhlakul karimah yang ketiga yakni dengan memperingati hari besar islam yang pelaksanaanya dengan metode pembiasaan dengan ini bisa menguatkan aqidah serta ibadah yang dilakukan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173307 ULFATUL AZIZAH
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:17
Last Modified: 25 Jan 2022 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item View Item