STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI UPT SD NEGERI DARUNGAN 01 KADEMANGAN BLITAR

RINA DIAN NURIANTI, 17201163088 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI UPT SD NEGERI DARUNGAN 01 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SD Negeri Darungan 01 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Rina Dian Nurianti NIM. 17201163088. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Karakter Religius Siswa. Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya karakter religius pada siswa yang bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter dan kepribadian islam, dengan demikian perlunya strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa. SD Negeri Darungan 01 Kademangan Blitar sebagai sekolah formal harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan Islam. Salah satu strategi yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa adalah melaui kegiatan sholat dhuhur, infaq, dan kegiatan tadarus. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melaui kegiatan sholat dhuhur berjamaah di SD Negeri Darungan 01 Kademangan Blitar?. (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan infaq di SD Negeri Darungan 01 Kademangan Blitar?. (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan tadarus di SD Negeri Darungan 01 Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah yang rutin dikerjakan setiap hari sebagai upaya untuk melatih pembiasaan peserta didik agar memperbaiki sikap dan perilaku anak. Kendalanya adalah beberapa siswa bergurau saat sholat dan sebagai solusinya membaca istigfar dan hafalan surat pendek didepan teman-temanya. (2) Guru PAI mengupayakan peningkatan karakter religius siswa melalui kegiatan infaq. Tujuan kegiatan ini adalah melatih siswa ikhlas dan peduli terhadap orang lain maupun lingkungan yang dilaksanakan setiap hari jum’at. Faktor penghambat kegiatan infaq adalah siswa lebih senang menggunakan uang untuk jajan. Solusinya adalah melakukan kerjasama dengan semua guru. (3) Guru PAI mengupayakan peningkatan karakter religius siswa melalui Tadarus Al-Qur’an. Kegiatan rutin ini dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan membaca do’a, membaca Asmaul Husna, dan membaca juz ‘Amma (Juz 30) atau surat-surat yang telah ditentukan. Selain itu tadarus setelah KBM dengan bin nadhor. Kendalanya diantaranya kurangnya kedisplinan siswa seperti tidak membawa mushaf Al-Qur’an, buku iqra’ atau juz ‘Amma.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163088 RINA DIAN NURIANTI
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:46
Last Modified: 25 Jan 2022 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item