PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH THAMAVITYA MULNITI YALA SELATAN THAILAND

ASEESAH KASOH, 12201173420 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH THAMAVITYA MULNITI YALA SELATAN THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi: “ Peran Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand” disusun oleh Aseesah Kasoh, NIM 12201173420, Juruan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: peran guru pendidikan agama Islam. budaya religius Penelitian ini membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand. Peran guru adalah sebagai pendidik yang menjadi tokoh panutan dan identifikasi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab, guru harus mengetahui, serta memahami nilai, norma moral, dan sosial berusaha perperilaku dan berbuat sesuai dengan nilai dan norma tersebut. Guru juga harus bertanggung jawab terhadap segala tidakannya dalam pembelajaran di sekolah, dan dalam kehidupan masyarakat. Skripsi ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek salat Berjemaah di sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand.(2) untuk mendeskripsikan implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek membaca Al-Qur’an di sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand. (3) untuk mendeskripsikan implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek budaya hidup Islam di sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian mengambil sumber data utama yang berupa kata-kata dan tindakan serta sumber data tambahan yang berupa dokumen-dokume. Teknik pengumpulan data dalam metode ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) deskripsi implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius Salat Berjemaah di sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand adalah melakukan koordinasi kepada para guru lainya dan menerapkan beberpa metode seperti ceramah, pembiasaan, keteladanan, nasihat dan motivasi. (2) deskripsi implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius membaca Al-Qur’an di Sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand adalah dengan melakukan pengawasan dan memberikan penghargaan. (3) deskripsi implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius budaya hidup Islam di Sekolah Thamavitya Mulniti Yala Selatan Thailand adalah dengan melakukan pendidikan dan pembelajaran serta kegiatan keagamaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173420 ASEESAH KASOH
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:33
Last Modified: 25 Jan 2022 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item View Item