Indayati, Retno (2014) Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Plus Darul Huda di Desa Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian awal.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II tinjauan pustaka setorkan!!.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V nikmah (Autosaved).pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Upaya Guru Aqidah Akhlak, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama yang selama ini sudah banyak dipahami, namun minim dalam pelaksanaannya. Menanamkan pendidikan agama sejak usia kecil, terutama mengenai perilaku sangat dibutuhkan untuk membangun negara yang bermoral. Mengajarkan Aqidah Akhlak pada anak sejak usia kecil, akan membantu perkembangannya menuju dewasa yang berakhlak mulia. Inilah tugas guru yang harus dilaksanakan dengan memberikan bimbingan dan contoh kepada para siswa yang diwujudkan dengan berbagai cara dalam memberikan pengajaran. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Apa sajakah metode yang digunakan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Plus Darul Huda di Desa Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanakah penerapan dari metode yang digunakan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Plus Darul Huda di Desa Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan metode yang digunakan serta penerapannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Skripsi ini bermanfaat bagi guru, sebagai informasi agar para guru khususnya guru Aqidah Akhlak lebih mengembangkan kreatifitasnya dalam memilih metode mengajar yang inovatif, bagi lembaga pendidikan, dapat memberikan kontribusi yang positif utamanya dalam pemilihan dan penerapan metode mengajar yang sangat penting peranannya dalam pembelajaran demi meningkatkan motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan upaya guru Aqiah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV, sedangkan metode interview dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang metode mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MI Plus Darul Huda Tingal, sarana dan prasarana serta dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aqidah Akhlak menggunakan berbagai metode mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, keteladanan, pembiasaan, kelompok, pemberian tugas, pemberian ganjaran, dan hukuman. Penerapannya, guru tidak hanya berperan sebagai fasilitator dan evaluator, tetapi juga sebagai motivator dan model dari materi pelajaran yang diajarkannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 02:27 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
View Item |