PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTS NEGERI 9 BLITAR

OKTAVIA EKI AGUSTIN, 12204173254 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTS NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar” ini ditulis oleh Oktavia Eki Agustin, NIM. 12204173254. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Minat Belajar, Pola Bilangan, ADDIE Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran matematika di kelas menyebabkan siswa tidak anstusias dalam belajar. Matematika dianggap mata pelajaran yang sulit oleh siswa, ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid. Oleh karenanya, diperlukan media yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran, khusunya pada materi Pola Bilangan. Tujuan penelitian pengembangan ini yakni: 1) Menjelaskan proses pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan minat belajar siswa pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII Mts Negeri 9 Blitar, 2) Menjelaskan kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Andorid pada materi Pola Bilangan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, 3) Menjelaskan penilaian siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar terhadap Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada materi Pola Bilangan., 4) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar pada materi Pola Bilangan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development ( R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi pola bilangan dinilai kelayakannya oelh 3 ahli materi dan 3 ahli media (2 dosen dan 1 guru), 10 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa pada uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahapan dalam pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Pola Bilangan yakni: 1) pada proses pengembangan media melalui tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation, dan Evaluasi (Evaluation), 2) Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android berdasarkan penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 85%, 81%, dan 73%, termasuk dalam kategori layak, penilaian oleh ahli media memperoleh skor 86%, 79%, dan 78%, termasuk dalam kategori layak, 3) Penilaian kelayakan oleh siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh rerata skor 85%, dan penilaian kelayakan siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 88,7%, termasuk dalam kategori sangat layak, 4) Berdasarkan analisis peningkatan minat belajar siswa, pada saat sebelum pembelajaran rerata minat belajar siswa adalah 45,81, sedangkan rerata minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android adalah 49,26. Berdasarkan analisis output spss didapatkan nilai signifikasi 0,000 yang berarti terdapat peningkatan minat belajar siswa yang signifikan pada saat belajar menggunakan media pembelajaran aplikasi android. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi pola bilangan dapat digunakan pada saat proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173254 Oktavia Eki Agustin
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:14
Last Modified: 27 Jan 2022 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24462

Actions (login required)

View Item View Item