BERPIKIR KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS X MA AL-FURQON AMBUNTEN SUMENEP

AHMAD MARZUQI, 1724143011 (2022) BERPIKIR KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS X MA AL-FURQON AMBUNTEN SUMENEP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PURTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Skripsi dengan judul “Berpikir Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas X Ma Al-Furqon Ambunten Sumenep” ini dituls oleh Ahmad Marzuqi, NIM. 1724143011, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci:Berpikir Konseptual, Aljabar, Gaya Belajar Pembelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemempuan dalam memehami konsep matematika yang dimaksudkan bukanlah terletak pada satu materi saja, tetapi untuk semua materi yang ada dalam matematika. Salah satu materi dalam matematika adalah aljabar. Aljabar merupakan materi yang identik dengan adanya symbol-simbol berupa huruf yang disebut dengan variable. Dengan adanya variable membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu masalah terutama pada masalah yang bebrbentuk soal cerita. Selain itu, kemampuan memahami sesuatu materi matematika juga bergantung dengan cara seorang siswa dalam belajar atau lebih dikenal sebagai gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah aljabar kelas X MA Al-Furqon Ambunten Sumenep. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah aljabar kelas X MA Al-Furqon Ambunten Sumenep. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah aljabar kelas X MA Al-Furqon Ambunten Sumenep Pendekatan yang digunakan dalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS MA Al-Furqan Ambunten Sumenep. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, hasil kuesioner, hasil tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari tringulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1). kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah Aljabar hanya mampu memenuhi dua indikator dari lima indikator yang tersedia. Dua indikator yang dipenuhi adalah indikator yang pertama dan yang kedua, sedangkan untuk tiga indikator yang lainnya adalah indikator yang ke tiga, ke empat dan ke lima tidakterpenuhi. 2). kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah Aljabar hanya mampu memenuhi dua indikator dari lima indikator yang tersedia. Dua indikator yang dipenuhi adalah indikator yang pertama dan yang kedua, sedangkan untuk tiga indikator yang lainnya adalah indikator yang ke tiga, ke empat dan ke lima tidakterpenuhi. 3). kemampuan berfikir konseptual siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah Aljabar tergolong tinggi. karena mampu memenuhi semua indikator yang tersedia. Indikator tersebut adalah lima indikator semuanya terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 1724143011 AHMAD MARZUQI
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:57
Last Modified: 27 Jan 2022 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item