Peran Orang Tua dalam Mempertahankan Hasil Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol

SITI MASULLA, 12205173260 (2022) Peran Orang Tua dalam Mempertahankan Hasil Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi.dengan.judul “Peran Orang Tua dalam Mempertahankan Hasil Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol” ini ditulis oleh SITI MASULLAH, NIM.12205173260, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Era Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran di kelas IV MI Podorejo kini yang harus dilaksanakan berbasis daring pada era pandemi Covid-19. Dengan adanya kegiatan pembelajaran daring ini peran orang tua adalah paling utama. Orang tua harus bisa mengendalikan dan memperhatikan anak. Agar anak tetap belajar dan mengikuti pembelajaran secara daring dari pihak guru. Walaupun begitu guru juga berperan penting dalam menyiapkan semua materi yang akan diajarkan. Guru harus kreatif dalam membuat bahan ajar yang dapat membuat siswa itu tetap nyaman dalam mengikuti.pembelajaran, sehingga.mereka tetap memahami hal yang disampaikan guru. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut:1) Bagaimana peran orang tua dalam mempertahankan hasil belajar anak pada masa pandemi covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol, 2) Apa saja hambatan orang tua dalam mempertahankan hasil belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol 3) Bagaimana perbandingan hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dengan sebelum pandemi Covid-19. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mempertahankan hasil belajar anak dalam masa pandemi Covid-19 di MI Podorejo Sumbergempol, dan juga untuk mengetahui hambatan orang tua dalam mempertahankan hasil belajar anak dalam masa pandemi Covid 19 di MI Podorejo Sumbergempol, perbandingan hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dengan sebelum pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuersioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) Person (orang) yaitu: (a) Kepala Madrasah, (b) Waka Kurikulum, (c) Guru, (d) Peserta Didik, (e) Orang Tua. 2) Paper (kertas/dokumentasi) yaitu dokumentasi foto kegiatan pembelajaran yang berlangsung dengan berbasis daring. 3) Place (tempat) yaitu MI Podorejo Sumbergempol. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunkana pengecekan, keabsahan data dengan triagulasi. Hal itu meliputi sumber, metode, waktu, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173260 SITI MASULLAH
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:20
Last Modified: 03 Feb 2022 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24559

Actions (login required)

View Item View Item