IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

DIYAH PUTRI IMAS NILU NINGTYAS, 12205173021 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran Tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Diyah Putri Imas Nilu Ningtyas, NIM. 12205173021. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp Pandemi covid 19 memberikan dampak bagi terlaksananya satuan pendidikan. Pemerintah mengupayakan pembelajaran untuk tetap berlangsung secara efektif. Keputusan menteri pendidikan memberikan solusi bagi peserta didik yang ada untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan pada semua mata pelajaran, termasuk juga dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran daring pada tingkat sekolah dasar dapat berjalan dengan baik apabila ada kerjasama yang dilakukan antara guru, siswa dan orang tua. Metode yang dilakukan pada sekolah dasar kebanyakan memberikan materi dan tugas dalam bentuk video yang dikirim melalui aplikasi whatsapp. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema implementasi pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah:1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?; Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung ?; Bagaimana evaluasi pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis studi kasus, pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode wawancara mendalam (deep interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi yang terdiri triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik yaitu dengan membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku serta membuat media pembelajaran sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran daring melalui whatsapp. Media pembelajaran yang dipersiapkan berupa video power point, youtube dan media pendukung lainnya. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik disesuaikan dengan RPP yang telah dibuat berupa memberikan kalimat pembuka yaitu sapaan atau motivasi pada peserta didik dengan tujuan siswa aktif dan semangat dalam pelaksanaan pembelajaran. Seorang guru wajib berkomunikatif dengan peserta didik dan wali murid untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan siswa saat pembelajaran. 3) xviii Evaluasi pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp pada mata pelajaran tematik, lembaga sekolah memberikan instruksi kepada guru untuk melaksanakan penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian ketrampilan dengan memberikan solusi alternatif berupa menerapkan pembelajaran luring yang bertujuan memberikan arahan terhadap peserta didik untuk lebih menguasai materi yang telah disajikan di grup whatsapp.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi Informasi
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173021 DIYAH PUTRI IMAS NILU NINGTYAS
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:28
Last Modified: 03 Feb 2022 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24647

Actions (login required)

View Item View Item