YULIA RAMADHANI, 12201173238 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISPLIN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MAHMOED TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (350kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (144kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (200kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yulia Ramadhani. 2021. Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Displin Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam AL Mahmoed Gempolan Tulungagung, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, . . Kata Kunci: Strategi Guru, Sikap Displin Siswa. Pendidikan adalah proses yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal tersebut karena melalui pendidikan setiap orang belajar berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan, bagaimana bersikap, bersosialisasi, mengembangkan potensi yang dimiliki, dan masih banyak lagi yang lainnya..Perilaku anak seorang yang sangat keluar dari norma dan aturan yang berlaku, anak yang tidak bisa menghargai orang yang lebih dewasa juga merupakan salah satu tugas dari seorang guru sebagai pendidik. Salah satu factor terjadinya hal tersebut karena kuranya sikap displin yang diterapkan anak didalam dan diluar pembelajaran sekolah, ketika di dalam sekolah anak biasanya melakukan kerja kelompok bersama teman-temannya namun banyak diantara mereka yang masih tidak bisa bekerja kelompok dengan baik, namun diluar pembelajaran sikap disiplin siswa ini sangat kurang sekali. selama ini Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Displin Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam AL Mahmoed Gempolan Tulungagung sangat maksimal. Terbukti dengan minimalisisnya kasus yang di alami atau yang terjadi pada siswa dari lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi masalah penelitian dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi Penelitian, Wawancara, dan Dokumentasi. Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin melalui Pembelajaran pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam Al Mahmoed Gempolan Tulungagung yaitu a) Pembiasaan,b) Pemberian sanksi,c) Memberlakukan peraturan, c) Memberikan bimbingan 2. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam Al Mahmoed Tulungagung yaitu a)Faktor Pendukung dalam pembentukan sikap disiplin siswa kelas 1 sebagai berikut:1) Lingkungan sekolah, 2)Lingkungan yang mendukung, 3) Guru dekat dengan siswa, 4) Guru memberikan contoh kedisiplinan. b) Faktor penghambat dalam pembentukan sikap disiplin siswa kelas 1 sebagai berikut: 1) Lingkungan Masyarakat yaitu keluarga dan masyarakat.2 Kecanggihan Tekhnologi yaitu tayangan media televisi serta bermain game online. 3. Implikasi Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin melalui Pembelajaran pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam Al Mahmoed Gempolan Tulungagungyaitu . a) Implikasi pembelajaran dapat diketahui dengan implikasi langsung dalam sebuah pembelajaran sebagai berikut: 1)siswa menjadi disiplin dalam hal belajar,dalam hal beribadah. 2) Displin diri,3)Displin sosial b) Implikasi pembelajaran dapat diketahui dengan implikasi tidak langsung dalam sebuah pembelajaran sebagai berikut: 1) Siswa memiliki kepercayaan diri menyampaikan pendapat dan hasil belajarnya kepada masyarakat atau keluarga.2) Sikap mental (mental attitude) yang merupakan sikap taat dan tertib sedangkan hasil atau pengembangan dari latihan, pengendalian pikiran dan pengendalian watak. 3) Pemahaman yang baik mengenai sistem peraturan perilaku, norma, kriteria dan standar yang sedemikian rupa, sehingga pemahaman tersebut menumbuhkan pengertian yang mendalam atau kesadaran, bahwa ketaatan akan aturan. Norma dan standar tadi merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan (sukses).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 12201173238 Yulia Ramadhani |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 07:05 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24680 |
Actions (login required)
View Item |