PEMBERLAKUAN MEMBERSHIP BERBAYAR SEBAGAI SYARAT MENDAPATKAN POTONGAN HARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri)

BELA AMANDA AGUSTIN, 12101173041 (2022) PEMBERLAKUAN MEMBERSHIP BERBAYAR SEBAGAI SYARAT MENDAPATKAN POTONGAN HARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bela Amanda Agustin, 12101173041, Pemberlakuan Membership Berbayar Sebagai Syarat Mendapatkan Potongan Harga Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi kasus Toko HP Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr.Zulfatun Ni‟mah, S.H.I,M.Hum Kata Kunci: Membership, Potongan Harga, Hukum Islam Perkembangan dunia bisnis dewasa ini di ikuti oleh munculnya banyak strategi pemasaran salah satunya program keanggotaan (Membership) pada umumnya disertai penawaran menarik seperti potongan harga atau hadiah. Pelaku bisnis yang memberlakukan program membership sebagai salah satu strategi pemasaran adalah Toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri. Namun, untuk mendapatkan member card beserta penawaran menariknya Dan Cell konsumen harus mendaftarkan diri dengan biaya yang sudah ditentukan yaitu sebesar Rp. 25.000,-. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1 ) Bagaimana praktik pemberlakuan membership berbayar sebagai syarat mendapatkan potongan harga di Toko HP Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemberlakuan membership berbayar sebagai syarat mendapatkan potongan harga di Toko HP Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan j enis penelitian hukum empiris, berlokasi di toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri. Data penelitian dikumpulkan dari beberapa informan yaitu karyawan Dan Cell, konsumen Dan Cell dan pakar hukum Islam dengan teknik wawancara mendalam dan observasi, adapun data sekunder yang dikumpulkan dari berbagai literatur hukum dan non hukum melalui teknik studi dokumen. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 ) Pemberlakuan membership berbayar sebagai syarat mendapatkan potongan harga di Toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri dipraktikkan dengan cara menarik biaya pendaftran sebesar Rp. Rp.25.000.- kepada konsumen yang bersedia bergabung menjadi member di toko Hp Dan Cell dan memberikan hak berupa sebuah kartu member, keuntungan berupa potongan harga sekitar 20%-30% untuk barang tertentu seperti potongan harga pada Samsung A1 0s dengan harga normalnya Rp 1.499.000.- menjadi Rp 1.199.000.- dan sejumlah poin yang dapat ditukarkan apabila telah mencapai 50 poin di setiap pembelian. 2) Ditinjau dari hukum Islam, pemberlakuan di Toko Hp Dan Cell Mojoroto Kabupaten Kediri adalah sah, karena telah memenuhi rukun dan syarat ju‟alah yaitu para pihak yang melakukan telah dewasa, pekerjaan yang diperjanjikan jelas yaitu dengan mendaftar menjadi member, dan upahnya jelas, yaitu mendapat potongan harga dan sejumlah poin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173041 BELA AMANDA AGUSTIN
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:17
Last Modified: 04 Feb 2022 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24681

Actions (login required)

View Item View Item