UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi Kasus Di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD FARID HAMDAN, 12102173009 (2022) UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi Kasus Di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Farid Hamdan, 12102173009, Upaya Orang Tua Dalam Mendidik Anak Penyandang Disabilitas Perspektif Fiqih Hadhanah (Studi Kasus Di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni‟mah, S.H.I., M.Hum. Kata kunci: Upaya Orang Tua, Mendidik, Anak Penyandang Disabilitas, Fiqih Hadhanah. Upaya orang tua dalam mendidik anak penyandang disabilitas seharusnya sesuai dengan Fiqih hadhanah,tetapi para orang tua sering memiliki kesulitan dalam hal mendidik secara langsung karena anak penyandang disabilitas memiliki kebutuhan khusus, termasuk para orang tua di Desa Sumberdadi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya orang tua dalam mendidik anak penyandang disabilitas di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, 2) Bagaimana upaya orang tua dalam mendidik anak penyandang disabilitas di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung di tinjau dari perspektif Fiqih hadhanah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi cara orang tua mendidik anaknya yang menyandang disabilitas, wawancara dengan para orang tua, dan dokumentasi terhadapliteratur tentang anak penyandang disabilitas, Fiqih hadhanah, dokumen pemerintah Desa Sumberdadi dan Al-Qur‟an terjemah. Teknik analisa data yang digunakan adalah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) para orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas di Desa Sumberdadi melakukan upaya mendidik mereka dengan beberapa cara, yaitu memberikan bimbingan secara langsunguntuk beraktivitas sehari-hari misalnya tata cara makan dengan baik, mengajari sopan santun, memberikan perlindungan dan memberikan anak kesempatan bersekolah di Sekolah Luar Biasa C Tulungagung; (2) Ditinjau dari perspektif Fiqih hadhanah, upaya orang tua dalam mendidik anak penyandang disabilitas di Desa Sumberdadi telah sesuai dengan ketentuan karena orang tua telah berupaya memelihara dan mendidik anak dengan sebaik-baiknya agar merekamandiri seperti melakukan pemeliharaan terhadap anak-anak yang masih kecil, baik laki laki maupun perempuan, atau yang sudah besar tetapi belum tamyiz dan menyediakan sesuatu yang menjadi kebaikannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Peradilan Islam > Orang Tua
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173009 MUHAMMAD FARID HAMDAN
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:26
Last Modified: 04 Feb 2022 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24682

Actions (login required)

View Item View Item