STRATEGI GURU AL- QUR’AN HADITS DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR

MIZANATUL AMALIYAH, 12201173073 (2021) STRATEGI GURU AL- QUR’AN HADITS DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Pencegaham Dampak Negatif Media Sosial Peserta Didik di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Mizanatul Amaliyah, NIM. 12201173073, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tahun 2021 dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata Kunci: Strategi Guru Al-Qur’an Hadits, Pencegahan Dampak Negatif, dan Media sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan teknologi yang ada di MAN 2 Blitar yang semakin canggih dengan beragam media sosial khususnya instagram, tiktok, dan youtube, yang bisa dimiliki oleh siapapun tak terkecuali peserta didik usia sekolah menengah atas. Dalam menghadapi hal tersebut seorang guru Al-Qur’an Hadits di sekolah berupaya untuk semaksimal mungkin bisa memberikan bimbingan dan pengendalian kepada peserta didik yang memiliki media sosial tersebut untuk lebih berhati-hati. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar?(2) bagaimana strategi penyampaian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar? (3) bagaimana strategi pengelolaan guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar. (2) untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar. (3) untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar.Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits, dan siswa. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, dn dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, dan meningkatkan ketekunan/ keajekan pengamatan. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: (1) Strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar yaitu membuat perangkat pembelajaran, dan guru menjadi suri tauladan untuk menggunakan media sosial dengan baik. (2) Strategi penyampaian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar yaitu memberikan sanksi bagi pelanggar tata tertib sekolah agar pelanggarnya jera dan tidak mengulang kesalahan kembali. Sanksi pun tidak di buat dengan syarat-syarat pendidikan., guru berinovatif memberikan tugas-tugas sekolah dan materi pembelajaran dengan media sosial agar memanfaatkan media sosial dengan baik., dan memberikan motivasi untuk rajin beribadah agar tidak ada waktu yang terbuang ke hal-hal negatif. (3) Strategi pengelolaan guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahan dampak negatif media sosial peserta didik di MAN 2 Blitar.yaitu melalui pengamatan dan wawancara guru untuk mengetahui kemajuan dan permasalahan dari strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian guru Al-Qur’an hadits dalam pencegahannya dengan bantuan pihak terkait dan menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi dan akhlak peserta didik semakin baik seiring berjalannya usaha, keuletan dan waktu yang lama, dan unsur sangat mendukung dalam strategi pencegahan dampak negatif adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkugan masyarkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Media Sosial
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173073 mizanatul amaliyah
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:46
Last Modified: 03 Feb 2022 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24699

Actions (login required)

View Item View Item