EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ONLINE DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR MADRASAH IBTIDAIYAH NGADIREJO POGALAN TRENGGALEK

ELSA DWI OKTAVIANA, 12205173219 (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ONLINE DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR MADRASAH IBTIDAIYAH NGADIREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Online di Tingkat Pendidikan Dasar Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek” yang ditulis oleh Elsa Dwi Oktaviana, NIM. 12205173219, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Zainudin, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan, Kegiatan Belajar Mengajar Online Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya COVID-19 yang berdampak pada bidang pendidikan. Sehingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerapkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau jarak jauh dengan kebijakan pembelajaran seperti yang telah tercantum dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Dikarenakan kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan seperti biasanya maka peneliti ingin mengetahui sejauhmana efektivitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar online di Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan belajar mengajar online di tingkat pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek?, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar online di tingkat pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek?, (3) Bagaimana efektivitas kegiatan belajar mengajar online di tingkat pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek?. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tenatang perencanaan, pelaksanaan serta efektivitas dari kegiatan belajar mengajar online di Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek. Adapun teknik penggumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, Guru, dan Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifiksi data. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan, ketekukan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Perencanaan kegiatan belajar mengajar online yang dilakukan adalah merancang/menyusun RPP online, memilih strategi, dan merancang/mengunakan bahan ajar yang sesui. (2) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan menggunakan aplikasi utama whatsApp, dalam pelaksanaanya guru memaksimalkan sesui dengan RPP. (3) kegiatan belajar mengajar online memiliki beberapa pengaruh terhadap peserta didik, namun guru memiliki usaha/solusi dalam penangananya, sehingga kegiatan belajar mengajar online dikatakan kurang efektif tetapi namun madrasah dan para guru sudah melakukan proses pembelajaran dengan maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173219 Elsa Dwi Oktaviana
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:56
Last Modified: 04 Feb 2022 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item