IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR DI SDIT EMPAT MEI TULUNGREJO PARE

MARETA DWI KURNIAWATI, 12205173232 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR DI SDIT EMPAT MEI TULUNGREJO PARE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (800kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare” yang ditulis oleh Mareta Dwi Kurniawati, NIM: 12205173232, Skripsi Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, dengan dosen Pembimbing Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Implemantasi, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Keterampilan Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru awal mulanya masih menggunakan model tanya itu saja. Sehingga membuat keterampilan belajar anak kurang berkembang. ketika menggunakan model pembelajaran tersebut, pada saat proses pembelajaran berlangsung kondisi kelas tersebut tidak menunjukkan keaktifan siswa Akhirnya guru mengganti model pembelajaran yang semula hanya itu saja, menjadi berbagai macam model pembelajaran Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis menulis di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare? (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis membaca di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare? (3) Bagaimana implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis menghafal di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis menulis di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare. (2). Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis membaca di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare. (3) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan belajar jenis menghafal di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalm, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi wawancara terus menerus dan triangulasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberpa metode, memperoleh hasil bahwa (1) Salah satu model pembelajaran yang digunakan di SDIT Empat Mei Tulungrejo Pare adalah model pembelajaran student facilitator and explaining. Model pembelajaran ini adalah salah satu model yang efektif untuk dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa. Salah satu keterampilan belajar siswa yang bisa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran ini adalah keterampilan siswa dalam menulis. Hal tersebut dibuktikan bahwa setelah menggunakan model tersebut peserta didik terlihat lebih terampil lagi dalam menulis tanpa disuruh. (2) Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining dinilai lebih efektif daripada model pembelajaran sebelumnya (tanya jawab saja). Model pembelajaran ini juga menuntut siswa lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran. Peningkatan keterampilan membaca peserta didik juga sudah terlihat (3) Proses pelaksanaan model pembelajaran student facilitator and explaining disini guru bisa melihat bagaimana kemampuan keterampilan menghafal pelajaran dan memahami pelajaran terlihat sedikit ada peningkatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173232 MARETA DWI KURNIAWATI
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:12
Last Modified: 07 Feb 2022 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item