INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Di MTs DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK

MOHAMAD ULFAN ZAKARIA, 12201173465 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Di MTs DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAAN.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek ” Skripsi ini ditulis oleh Mohamad Ulfan Zakaria. NIM. 12201173465 Tahun. 2021, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing: Moh. Mashudi, M.Pd.I Kata Kunci:Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter, Ekstrakulikuler. Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu penerapan model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami dan suatu bentuk alternatife pendidikan yang menggunakan ekstrakulikuler untuk media dalam pembelajaran siswa dimana MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek memiliki visi terwujudnya lembaga yang mampu mencetak generasi yang religius, intelek, dan ilmiah. Dimana pendidikan karakter menjadi fokus perhatian utama oleh karena itu peran pendidik sangatlah penting dalam membantu menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter siswa. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter siswa di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek, 2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler Keagamaan dalam membentuk karakter siswa di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek, 3) Bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter siswa di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek dengan subjek peserta ektstrakulikuler keagaamaan MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan pedoman obsevasi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari Keterpercayaan meliputi trianggulasi, pembahasan teman sejawat. Keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa 1) Bentuk nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek yaitu, melalui nilai Akhidah, nilai Syari’ah dan nilai Akhlak. 2) Proses internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap membentuk karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu, Tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, tahap pembiasaan, tahap kebutuhan, dan tahap evaluasi. 3) Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter membantu siswa untuk lebih mudah menghayati nilai-nilai agama Islam baik dari segi nilai syari’ah, akhidah, dan akhlak. Dikarenakan selain siswa memperoleh ilmu pengetahuan tentang keagamaan melainkan mereka juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan melalui membiasakan diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173465 Mohamad Ulfan Zakaria
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:26
Last Modified: 07 Feb 2022 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24785

Actions (login required)

View Item View Item