IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI SDIQU AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

FAJAR AJI PAMUNGKAS, 12201173154 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI SDIQU AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Fajar Aji Pamungkas NIM. 12201173154, pembimbing Ibu Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidz Alquran, Pandemi Covid-19 SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung merupakan sekolah formal yang memiliki program unggulan tahfidz Alquran yang diwajibkan bagi seluruh siswa baik siswa full day school ataupun siswa boarding school. Pada masa pandemi covid-19 pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung tetap melaksanakan pembelajaran tahfidznya baik secara luring atau daring. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana konsep pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada masa pandemi covid-19?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada masa pandemi covid-19?, dan 3) Bagaimana problematika pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada masa pandemi covid-19? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Konsep pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran tahfidz Alquran berbasis metode tashili yang terintegrasi dalam kurikulum muatan lokal. Metode tashili adalah metode yang mempelajari Alquran dengan mudah, cepat, dan benar dengan ciri khas sistematika huruf hijaiyah dikelompokkan berdasarkan makhraj dan irama bacaan menggunakan nahawan dengan diayun. 2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung pada masa pandemi covid-19 adalah secara daring dan luring. Pelaksanaan daring dilakukan untuk siswa yang tidak mukim di pondok dengan tahapan sebagai beriikut: a) Guru memberikan materi pada grup whatsaap kelas b) Guru bergantian video call dengan siswa untuk setoran hafalan c) Sebelum setoran hafalan baru didahului dengan murajaah hafalan yang kemarin. Pelaksanaan pembelajaran luring dilakukan untuk siswa yang bermukim di pondok dengan tahapan sebagai berikut: a) Doa pembuka khas tashili b) Murajaah c) Ustazah membacakan ayat baru yang dihafalkan dan diikuti siswa d) Siswa mulai memahami ayat baru yang dihafalkan e) Mengulang-ngulang ayat yang dihafalkan f) Evaluasi dengan setoran satu persatu g) Drill mengulang hafalan baru dan ditutup dengan doa khas metode tashili. 3) Problematika pembelajaran tahfidz Alquran di pondok SDIQu AlBahjah adalah problema yang berkaitan dengan akses online, sumber daya manusia (orang tua) yang masih gaptek terhadap teknologi, problem siswa yang kurang fokus dalam belajar, mengalami penurunan motivasi dan kompetisi belajar antar siswa, serta kurang maksimalnya guru dalam penyampaian materi dan kontrol karakter maupun perilaku siswa sebagai akibat dari pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173154 FAJAR AJI PAMUNGKAS
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:23
Last Modified: 11 Feb 2022 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item View Item